Cerita Lulus CPNS: Cita-Cita Astronot, Tukang Becak Jadi PNS | Info CPNS 2017

Cerita Lulus CPNS: Cita-Cita Astronot, Tukang Becak Jadi PNS

Hati-Hati..!! Penipuan CPNS Marak Terjadi, Hindari aksi penipuan dengan modus bisa meluluskan CPNS dengan jalan pintas. Tidak ada jalan lain lulus CPNS tanpa melalui proses seleksi CPNS dengan CAT.

Sebagai gambaran, Seperti Inilah Ujian CAT CPNS Yang Harus Kamu Kerjakan nanti jika ada pembukaan CPNS, Coba Disini

Cerita Lulus CPNS – Ini adalah pengalaman admin CASN Media, menceritakan pengalaman singkat waktu lulus CPNS murni.

Selamat pagi, Semoga dalam lindungan Allah SWT Tuhan yg Maha Esa. Semoga teman-teman tetap semangat dalam menjalankan aktifitas yg ada saat ini.. syukuri apa yang ada.

Yg berniat jadi CPNS tahun ini tetap semangat dalam belajar, rejeki gak akan kemana tapi harus “dikail” dengan usaha.

Diposisi teman-teman saat ini mungkin ada rasa pesimis, akan mustahil lulus CPNS karan keterbatasan ini atau itu dengan alasan macam-macam. Itu yang tidak boleh!

Bandingkan dengan pengalaman Admin, mungkin bisa dipetik pelajaran darinya. Intinya adalah pada usaha dan prosesnya bukan pada hasil nya.

Berbagi pengalaman ni, Admin jadi teringat masa2 belajar soal CPNS dulu, belajar disiplin tanpa henti 1 bulan penuh dan Alhadimdulillah bisa lulus ranking 1 di sebuah pemda di Sumut.

Mungkin PNS sudah jadi suratan takdir, cita-cita jadi Astronot sejak kecil agar bisa ke bulan, gak kesampaian karena keterbatasan biaya sekolah waktu itu.

Sebelum PNS admin sempat kuliah seperempat jalan. Profesi admin saat kuliah adalah nyambi tukang becak dayung di Pasar 5 Padang bulan Medan Sumut. Ada orang medan? Pasar 5 pasti tau, tanya aja gang-gang kecil mungkin admin masih ingat. Karena narik becak ini sudah Admin lakukan sejak kelas 2 SMA hingga kuliah.

Pendapatan rata-rata waktu itu hanya Rp.15.000,- tak cukup penuhi biaya uang kos, uang makan dan ongkos kuliah sehari-hari. Tapi tetap berusaha dalam kesulitan hingga badan makin kurus. Buku-buku tak sanggup beli, biasanya minjam ma teman dan di fotocopy pada halaman yang perlu saja.

Tahun 2005 proses kuliah masih jalan, tapi akhirya, terpaksa berhenti cuti kuliah pada semester 3 karna tak sanggup lagi bayar uang SPP. Terpaksa… Rencana cari kerja dulu agar bisa penuhi SPP semester depannya.

Waktu itu cuti pun admin luangkan melamar pekerjaan, salah satunya ada iklan lowongan kerja pada koran Pos Metro Medan. Admin kirim lamaran dan diterima, dan ternyata dipekerjakan sebagai Cleaning Service di sebuah Mall di kota Medan. Hitung-hitung gaji tak mencukupi, akhirnya admin berhenti kerja dan kembali narik becak. Narik Becak lebih bebas waktunya dan target ngumpuli duit Rp.15rb/hari itu masih bisa diusahakan.

Beratnya tantangan itu membuat admin lebih rajin berdoa, lebih bertekad memperbaiki keadaan. Hingga akhirnya dapat informasi ada pelamaran CPNS di daerah. Mumpung ada waktu luang cuti kuliah pengen juga coba-coba. Admin pun mempersiapkan diri ikut ujian.

Persiapan yang dilakukan adalah mempelajari soal-soal CPNS. Dari uang hasil narik becak yang sudah disisihkan admin beli sebuah buku soal-soal dari Toko buku Gramedia Gajah Mada Medan, tokonya ada di depan sekolah Raksana.

Ya, dan usaha pun dimulai. Buku tersebut berisi soal dan pembahasan ujian SNMPTN selama 10 tahun terakhir. Kenapa SNMPTN? Karna waktu itu buku soal CPNS lebih mahal, dan jika diperhatikan sisinya tidak jauh berbeda.

Admin mempelajarinya, mengulang-ulang dari bab I – X dipelajari detail. Belajar dilakukan dengan sistematis pada jam-jam tertentu, biasanya sore hari selepas Ashar hingga magrib. Setelah magrib admin harus bergerak narik becak lagi hingga jam 12 malam, itu terjadi hampir setiap hari.

Oia, Metodenya saat belajar tersebut admin anggap sedang mengerjakan ujian tes yang sebenarnya, makanya try out mandiri ini dilakukan dengan batasan waktu sesuai yang dicantumkan pada lembar soal, setelah selesai dicocokkan dengan kunci jawaban. Jawaban yang salah admin sesuaikan dengan pembahasan dan mempelajari kesalahan tersebut. Hal ini diulang-ulang terus hingga 1 bulan.

Proses berjalan terus dan akhirnya ujian pun tiba. Ternyata saat ujian admin merasa sangat mudah, setengah jam sebelum batas ujian Admin sudah keluar. Tidak menyangka ternyata soal seleksi SNMPTN yang selama ini dipelajari lebih sulit dibanding soal CPNS yang baru saja dikerjakan.

Dan saat pengumuman pun tiba, Admin lulus pada urutan nomor 1 dari 1.500 orang pesaing. Alhamdulillah..

Masih ingat nikmatnya sujud syukur kala itu,
Masih ingat cerita tetangga, mamak yang nangis sepulang dari sawah dengar anak nya lulus CPNS,
Masih ingat indahnya bangun sebelum subuh sahur sendiri untuk puasa najar selama 2 minggu.
Dan masih ingat bapak yang khawatir dari mana cari duit karna walau admin sudah lulus nanti akan butuh biaya tempah seragam dll. (Gak tau bapak kalau admin udah sisihan duit Rp.575.000 dari narik becak, sudah lebih dari cukup buat seragam kuning hijau :-D).

Itu pengalaman admin lulus CPNS. Ceritanya tanpa ditambah-tambahi, tapi dipersingkat karena keterbatasan waktu menulisnya. Jika diperpanjang mash banyak cerita-cerita unik yang admin alami, dilain waktu akan kita teruskan. 🙂

Oia, terus gimana kuliahnya? Tadi kan cuti? Ya, kuliahnya terpaksa berhenti karena sudah kerja. Admin hanya mengurus transkrip nilai mata kuliah yang sudah lulus. Dua tahun mengabdi admin dipercaya kuliah lagi, tapi tentunya dalam tugas belajar yang dibiayai Pemda, jadi tidak harus narik becak lagi.

Demikian, semoga anda tetap semangat walau dalam keterbatasan. Intinya adalah jangan mau menyerah dengan isu-isu CPNS itu curang dan harus menyogok agar bisa lulus.

Disisi lain, PNS bukan satu-satunya profesi yang paling bisa diandalkan. Wiraswasta itu juga Ok. Jangan mau seperti admin, dipaksa jadi PNS padahal cita-cita jadi astronot 😀

—————————————-

Belajar Cara Kerja Tes CAT CPNS 2017
Sambil menunggu pelaksanaan tes CPNS 2017, Untuk memudahkan belajar praktek tes CAT CPNS dengan metode simulasi seperti ujian CAT sebenarnya, Anda bisa mengikuti Program Latihan Soal CPNS:
  • DIjamin anda mahir mengoperasikan CAT
  • Isi produk: Simulasi Ujian CAT mirip seperti ujian CAT sebenarnya
  • Kumpulan Soal CPNS beserta Jawaban dan pembahasan
  • Penyusunan materi mengacu kisi-kisi resmi pemerintah
  • Dapat digunakan pada komputer, tablet dan smartphone (Android, iPhone, BlackBerry)
  • Bisa akses kapan dan dimana saja (Aplikasi Online)
  • Soal jawab dan pembahasan materi bisa di cetak/download (ebook PDF)
  • Pendaftaran sekali, berlaku seumur hidup dan gratis update selamanya
  • Jelasnya, untuk Demo dan Pendaftaran silahkan Baca Disini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.

Follow Untuk Update Info CPNS!

Silahkan Ikuti CASNMedia Via Facebook:

Hati-hati terhadap penipuan yang mengatasnamakan CASNMedia.com
Kami tidak pernah meminta data pribadi, nomor telepon, data rekening bank atau identitas pribadi lainnya Kepada pengunjung CASNMedia.com.
CASNMedia.com juga tidak ada ikatan kerjasama dengan pihak manapun, baik instansi pemerintah, kelompok, maupun perorangan.