Contoh Soal CPNS Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) | Penerimaan CPNS 2014 | CASN Media

Contoh Soal CPNS Tes Wawasan Kebangsaan (TWK)


TAHUKAH ANDA : Punya sebuah handphone sudah cukup lo sebagai modal belajar Tes CAT CPNS 2014 sampai mahir. Apa hasilnya..? Tahun lalu banyak yang terbukti lulus CPNS belajar disini. Informasi lengkapnya Baca Disini.

Soal CPNS Wawasan Kebangsaan – Soal CPNS yang diujikan bagi setiap peserta ujian CPNS dikenal dengan istilah Tes Kompetensi Dasar (TKD). Tes TKD ini sendiri terdiri dari tiga bidang tes dengan soal CPNS yang berbeda. Ketiga bidang TKD tersebut adalah Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), Tes Intelejensi Umum (TIU) dan Tes Karakteristik Pribadi (TKP).

Diantara ketiga bidang soal TKD tersebut yang sering menjebak adalah pada tes wawasan kebangsaan (TWK). Hal ini diakui oleh menteri Kemenpan RB berdasarkan pelaksanaan ujian CPNS yang sudah dilakukan. Menurut menteri para pelamar CPNS agar serius belajar mengenai wawasan kebangsaan.

Latihan CAT CPNS 2014

Berdasar pengalaman tes CPNS tahun 2012, banyak peserta tes yang tidak lulus lantaran nilai wawasan kebangsaannya tidak memenuhi passing grade. “Bahkan ada di antaranya yang melamar untuk menjadi dosen dan dokter. Nilai mereka tinggi untuk intelegensia umum dan karakteristik pribadi, tetapi wawasan kebangsaannya rendah,” ujar Azwar Abubakar di Jakarta, kemarin seperti diberitakan JPNN.

Bukti lainnya adalah tes CPNS 2013 yang sudah dijalankan pada Kemenpan RB. Tanda-tanda sulitnya merebut kursi CPNS disampaikan Kepala Biro SDM dan Umum yang juga Plt Karo Hukum dan Humas KemenPAN-RB Oto Uswandaru. Dia menyebutkan,  dua hari tes CPNS 2013 di Kemenpan-RB, belum ada satupun peserta mendapatkan poin 400 sesuai passing grade (nilai minimal standar kelulusan). Nilai tertinggi baru 383. Salah satu kendala paling dominan kemungkinan sulitnya peserta menyelesaikan Tes Wawasan Kebangsaan ini.

Apa Itu Tes Wawasan Kebangsaan (TWK)?

Soal CPNS Wawasan Kebangsaan adalah soal CPNS yang akan mengukur kemampuan wawasan berbangsa dan bernegara seorang calon PNS. Soal ini adalah merupakan gabungan soal dari Pancasila, UUD 1945, Sejarah Indonesia, Wawasan Nusantara dan pengetahuan berbangsa dan bernegara.

Contoh Tes Wawasan Kebangsaan (TWK)

Tes Wawasan kebangsaan itu berisi empat pilar, yakni Pancasila, UUD 1945, Bhineka Tunggal Ika dan NKRI. Sejarah juga termasuk di dalamnya. Contoh soal Wawasan Kebangsaan ini seperti peristiwa Rengas Dengklok, siapa itu Sukarni, tanggal bersejarah bagi bangsa Indonesia, peristiwa penting pada perang kemerdekaan, sumpah pemuda, poin-poin ketetapan MPR dan sebagainya.

Berikut satu contoh tampilan aplikasi latihan soal CPNS Wawasan Kebangsaan, Klik Untuk Menjalankan.

Untuk mendownload bahan latihan yang lebih lengkap termasuk tips-tips cara menjawab soal CPNS wawasan kebangsaan kunjungi situs pengembangnya disini.

Cara Mempelajari Soal Wawasan Kebangsaan

Satu-satunya cara untuk mempelajari tes wawasan kebangsaan agar memperoleh nilai yang baik dalam setiap tes penerimaan CPNS adalah dengan membaca materi-materi wawasan kebangsaan sesering dan sebanyak mungkin. Namun kendalanya adalah karena banyaknya materi wawasan kebangsaan yang harus dipelajari sementara tidak dapat diprediksi materi yang mana yang akan diujikan. Solusinya adalah dengan fokus mempelajari soal-soal CPNS pada tahun-tahun sebelumnya.

Tambahan saat ini sudah ada pengembang yang membuat soal CPNS dalam bentuk software. Didalamnya disajikan ribuan soal CPNS termasuk didalamnya soal tes wawasan kebangsaan dari tahun-tahun sebelumnya. Kelebihannya adalah karena dalam bentuk software maka belajar soal CPNS menjadi lebih mudah dan cepat, sangat nyaman dibanding belajar dengan menggunakan buku. Untuk mendapatkan software ini anda bisa mengunjungi situs pengembangnya di link ini.

Bagi calon pelamar CPNS 2014 diharapkan melakukan persiapan yang matang untuk menghadapi ujian CPNS 2014 nanti. Penerimaan CPNS 2014 akan dilakukan dengan murni dan trasparan dengan menggunakan sistem CAT.

Jadi jika ingin lulus CPNS satu-satunya cara adalah dengan belajar dan melakukan persiapan mantap dan menguasai bagaimana sistem CAT CPNS dan materinya.

Apa sebaiknya persiapan yang dilakukan?
Untuk memudahkan belajar praktek tes CAT CPNS 2014 dengan metode simulasi seperti ujian CAT sebenarnya, Anda bisa megikuti Program Latihan Soal CPNS 2014:
  • DIjamin anda mahir mengoperasikan CAT
  • Isi produk: Simulasi Ujian CAT seperti ujian CAT sebenarnya
  • Kumpulan Soal CPNS beserta Jawaban dan pembahasan
  • Penyusunan materi mengacu kisi-kisi resmi pemerintah (Perka BKN Nomor 9 Tahun 2012)
  • Dapat digunakan pada komputer, tablet dan smartphone (Android, iPhone, BlackBerry)
  • Bisa akses kapan dan dimana saja (Aplikasi Online)
  • Soal jawab dan pembahasan materi bisa di cetak/download (ebook PDF)
  • Pendaftaran sekali, berlaku seumur hidup dan gratis update selamanya
  • Jelasnya, untuk Demo dan Pendaftaran silahkan Baca Disini

Berikan Komentar:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


three × = 27

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Close

Jangan Ketinggalan Info CPNS Tahun Ini

Kami Akan Update Info CPNS Tiap Hari, Silahkan Like atau Follow.
Atau Klik "CLOSE" Diatas Jika Anda Sudah Follow

Hati-hati terhadap penipuan yang mengatasnamakan CASNMedia.com
Kami tidak pernah meminta data pribadi, nomor telepon, data rekening bank atau identitas pribadi lainnya Kepada pengunjung CASNMedia.com.
CASNMedia.com juga tidak ada ikatan kerjasama dengan pihak manapun, baik instansi pemerintah, kelompok, maupun perorangan.