Hasil Tes Kompetensi Dasar (TKD) CPNS Penentu Lulus CPNS | Info CPNS 2018

Hasil Tes Kompetensi Dasar (TKD) CPNS Penentu Lulus CPNS

Selamat bagi kamu yang lulus SKD. Selangkah lagi kamu lulus CPNS, Pelajari Latihan Soal SKB, Lihat Disini>>

TKD CPNS – Hasil tes kompetensi dasar (TKD) tetap menjadi rujukan utama penetapan kelulusan CPNS. Meskipun diberlakukan tes kompetensi bidang (TKB), perubahannya tidak signifikan mengganti rangking yang sudah ditetapkan Panselnas.

“Sebanyak 60 persen nilai TKD menjadi penentu kelulusan CPNS, sisanya dihitung dari TKB. Kalau ada nilai TKDnya tinggi kemudian setelah TKB, nilai yang tinggi ini diganti dengan nilai TKD yang jauh di bawahnya, ini patut dipertanyakan,” kata Deputi SDM Aparatur Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) Setiawan Wangsaatmadja, Rabu (13/5).

Dia mengakui, TKB sering dimanfaatkan kepala daerah untuk melakukan manipulasi data. Namun, pemerintah pusat bisa membatalkan keputusan kada bila disinyalir penetapan kelulusannya bermasalah. Selain itu, pusat juga punya hitungan tersendiri untuk menguji kelulusan CPNS.

“Tidak akan mungkin nilai di bawah bisa menggeser nilai di atas meski dikatrol dengan TKB. Masalah ini terjadi di daerah-daerah. Makanya ini jadi bahan pertimbangan pemerintah dalam pengadaan CPNS 2015,” tambah Setiawan.

Setiawan menambahkan, KemenPAN-RB akan melakukan pembatasan TKB karena jumlah jabatan yang diujikan sangat banyak dan tidak bisa dihandle pusat seluruhnya.

Hanya jabatan-jabatan tertentu yang bisa di-TKB-kan. Itupun harus dengan persetujuan MenPAN-RB. Selain itu, aturan main TKB juga ditetapkan Panselnas. (esy/jpnn)

Selamat bagi kamu yang lulus SKD. Selangkah lagi kamu lulus CPNS, Pelajari Latihan Soal SKB, Lihat Disini>>

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.

Hati-hati terhadap penipuan yang mengatasnamakan CASNMedia.com
Kami tidak pernah meminta data pribadi, nomor telepon, data rekening bank atau identitas pribadi lainnya Kepada pengunjung CASNMedia.com.
CASNMedia.com juga tidak ada ikatan kerjasama dengan pihak manapun, baik instansi pemerintah, kelompok, maupun perorangan.