Informasi Awal Penerimaan CPNS 2018 | Info CPNS 2018

Informasi Awal Penerimaan CPNS 2018

Hati-Hati..!! Penipuan CPNS Marak Terjadi, Hindari aksi penipuan dengan modus bisa meluluskan CPNS dengan jalan pintas. Tidak ada jalan lain lulus CPNS tanpa melalui proses seleksi CPNS dengan CAT.

Ikuti Latihan Soal CPNS, Coba Disini

Setelah sukses membuka lowongan penerimaan CPNS 2017 sepertinya pemerintah kembali akan membuka penerimaan CPNS 2018. Jika pada penerimaan CPNS tahun 2017 instansi yang diberi lowongan hanya untuk pemerintah pusat dan satu pemerintah provinsi, tahun 2018 kabarnya akan dibuka penerimaan CPNS untuk pemerintah daerah.

Informasi Resmi Penerimaan CPNS 2018

Namun ada tidaknya penerimaan CPNS 2018 secara resmi akan diumumkan Kementerian PAN-RB dan BKN selaku pihak yang berwenang untuk rekrutment penerimaan CPNS. Masyarakat disarankan selalu memantau website resmi Kemenpan-RB atau BKN untuk perkembang informasi penerimaan CPNS 2018.

Informasi Awal CPNS 2018 Di Media Online

Sebagai informasi awal, berikut ini informasi terkait penerimaan CPNS 2018 yang dikutip langsung dari media online Liputan6.com yang telah merangkum beberapa fakta menarik seputar CPNS 2018, berikut uraiannya:

1. Berapa Jumlah Lowongan CPNS 2018 yang Dibuka?

Setiawan mengatakan, Kementerian PANRB telah mengusulkan jumlah pembukaan CPNS 2018 ke Kementerian Keuangan.

“Yang jelas pada 2018 itu yang akan pensiun itu sebanyak 250 ribu orang, di mana 38 ribu itu di pemerintah pusat dan sisanya di daerah. Posisi terakhir baru itu yang kami sampaikan ke Kementerian Keuangan untuk 2018,” ujar Setiawan.

Pemerintah tetap melakukan seleksi CPNS 2018 dengan sistem zero growth, mengingat moratorium sampai saat ini belum dicabut oleh Menteri PANRB. Artinya, tambahan CPNS tidak akan melebihi jumlah PNS yang pensiun.

2. Kapan Penerimaan CPNS 2018 Dibuka?

Masih ada tahapan yang harus dilalui Kementerian PABRB sebelum mengumumkan pendaftaran CPNS 2018.

Pertama, proses usulan dari masing-masing instansi yang akan mengajukan perekrutan CPNS. Pengajuan ini kini sudah bisa dilakukan melalui sistem e-formasi. Dari usulan ini, nantinya akan diverifikasi Kementerian PANRB.

“Jadi nanti mulai dari usulan hingga validasi ini akan dilakukan pada Februari-Maret 2018. Baru kalau selesai nanti kita akan koordinasi untuk kapan pendaftaran akan dilakukan,” kata Setiawan.

3. Berapa Jumlah Kementerian dan Lembaga?

Kementerian PANRB menyatakan sebanyak 34 pemerintah provinsi dan sekitar 500 pemerintah kabupaten dan kota mengajukan penambahan ASN atau lebih dikenal dengan PNS.

“Hingga saat ini lebih kurang 500 kabupaten dan kota mengajukan untuk kebutuhan ASN, serta 34 provinsi dan termasuk kementerian, lembaga yang ikut mengajukan kebutuhan ASN,” kata Menteri PANRB Asman Abnur.

Akan tetapi, alokasi jumlah CPNS tersebut juga akan bergantung pada kemampuan keuangan negara. Sebab itu, saat ini Kementerian PANBR tengah berkoordinasi dengan Kemenkeu terkait hal ini.

“Namun, keputusannya nanti sangat tergantung pada kemampuan keuangan. Jadi nanti dengan Bu Menkeu akan menghitung dulu kemampuan APBN kita,” tandas dia.

4. Apa Saja Posisi yang Dibutuhkan CPNS 2018?

Posisi seleksi CPNS 2018 yang akan dibuka sesuai dengan rencana strategis masing-masing instansi. Lebih banyak untuk jabatan teknis yang memiliki kemampuan khusus. “Kalau untuk pejabat administrasi sekarang ini sudah cukup,” tambah dia.

Dia mencontohkan, di wilayah Kalimantan. Di wilayah tersebut, rencana strategis pemerintahan adalah memiliki core sebagai wilayah penghasil tambang dan batu bara dan lainnya.

Dengan demikian, jabatan yang akan dibuka pada CPNS 2018 adalah tenaga pemerintahan yang berhubungan dengan berbagai komoditas tersebut.

Sementara secara nasional, berdasarkan data Kementerian PANRB, pegawai pemerintahan masih didominasi posisi atau jabatan yang berorientasi di sektor pertanian dan tenaga administrasi. Sementara pegawai yang sesuai dengan sektor tambang dan geologi tidak lebih dari 1 persen.

Tahapannya, instansi pemerintahan nantinya akan mengusulkan berbagai posisi yang dibutuhkan. Setelah itu, Kementerian PANRB akan memverifikasi untuk disesuaikan dengan rencana strategis di setiap instansi dan wilayah.

“Kita sudah punya peta aparatur sipil negara yang berbasis geografi. Di sana ada data semua di wilayah apa, jumlah PNS berapa, paling banyak bagian apa. Jadi, nanti kita akan pakai data itu untuk verifikasi,” tambah dia.

Sumber: Liputan6.com 25 Desember 2017
URL: http://bisnis.liputan6.com/read/3205801/bkn-lowongan-cpns-2018-tak-ada-jabatan-administratif

Belajar Cara Kerja Tes CAT
Sambil menunggu pelaksanaan tes CPNS 2018, Untuk memudahkan belajar praktek tes CAT mirip ujian CAT sebenarnya, Anda bisa mengikuti Program Latihan Soal CPNS:
  • Dijamin anda mahir mengoperasikan CAT
  • Isi produk: Simulasi Ujian CAT mirip seperti ujian CAT sebenarnya
  • Kumpulan Soal latihan CAT beserta Jawaban dan pembahasan
  • Dapat digunakan pada komputer, tablet dan smartphone (Android, iPhone, BlackBerry)
  • Bisa akses kapan dan dimana saja (Aplikasi Online)
  • Soal jawab dan pembahasan materi bisa di cetak/download (ebook PDF)
  • Pendaftaran sekali, berlaku seumur hidup dan gratis update
  • Jelasnya, untuk Demo dan Pendaftaran silahkan Baca Disini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.

Hati-hati terhadap penipuan yang mengatasnamakan CASNMedia.com
Kami tidak pernah meminta data pribadi, nomor telepon, data rekening bank atau identitas pribadi lainnya Kepada pengunjung CASNMedia.com.
CASNMedia.com juga tidak ada ikatan kerjasama dengan pihak manapun, baik instansi pemerintah, kelompok, maupun perorangan.