Ini Jadwal Resmi Simulasi CAT CPNS BKN Tahun 2014 | Info CPNS 2017

Ini Jadwal Resmi Simulasi CAT CPNS BKN Tahun 2014

Simulasi CAT CPNS – Kementerian PANRB dan Badan Kepegawaian Negara (BKN) akan melakukan simulasi CAT di sejumlah kota besar di tanah air.  Setelah Bandung, simulasi CAT akan digelar di Semarang pada tanggal 12 Juli. Kemudian pada  14 Juli di Denpasar, 16 Juli di Surabaya, 18 Juli di Makassar, dan pada 22 Juli 2014 diadakan di Medan.
simulasi cat ok

Bagi Anda Yg Tidak Bisa Menghadiri Simulasi CAT Di 6 Kota Diatas, Bisa Belajar Mandiri Simulasi CAT Online

Klik Disini

Dengan mencoba simulasi CAT, diharapkan para peserta menjadi familier ketika nantinya mengikuti tes CPNS. Lebih dari itu, diharapkan calon peserta juga bisa lebih berkonsentrasi dan mempelajari kisi-kisi yang akan diujikan dalam tes.

Materi tes kompetensi dasar (TKD) terdiri dari 3 kelompok soal. Kelompok pertama adalah wawasan kebangsaan, yang meliputi Pancasila, UUD 1945, Bhineka Tunggal Ika, dan NKRI. Sedangkan kelompok kedua adalah karakteristk pribadi, yakni integritas diri, semangat berprestasi, kreativitas dan inovasi, orientasi pada pelayanan dll. Adapun kelompok soal ketiga adalah intelegensia umum, yang, meliputi kemampuan verbal, kemampuan numerik, kemampuan berpikir logis, kemampuan berpikir analitis.

Dari pengalaman simulasi CAT di Bogor, banyak peserta yang tidak bisa memenuhi passing grade, padahal secara kumulatif nilainya tinggi. Umumnya, mereka unggul di salah satu kelompok soal, tetapi jatuh di kelompok soal lainnya. “Ini harus menjadi perhatian. Usahakan agar masing-masing kelompok soal memenuhi passing grade, dengan skor maksimal,” ujar Menteri PANRB Azwar Abubakar.Pemerintah yakin, penerapan sistem CAT akan menjamin pelaksanaan seleksi Calon Pegawai Negeri sipil (CPNS) yang kompetitif, obyektif, transparan dan bebas Korupsi, Kolusi dan Nepotisme (KKN).

Selain simulasi CAT, dalam kegiatan tersebut Kementerian PANRB juga menyampaikan berbagai informasi terkait dengan penyelenggaraan seleksi CPNS tahun 2014.

Rencana kebijakan pengadaan CPNS 2014 sekarang akan dibuka 100 ribu formasi pegawai yang terdiri dari 65 ribu PNS dan 35 ribu Pejabat Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK). Tahun ini ada 464 instansi yang mendapatkan persetujuan prinsip formasi, yakni 59 kementeian/lembaga, dan 405 pemerintah daerah yakni 28 provinsi dan 377 kabupaten/kota. Ada 18 K/L, 6 provinsi dan 132 kabupaten/kota yang tidak mengajukan usul formasi atau karena bahan usulan tidak lengkap.

Pendaftaran seleksi CPNS 2014 akan dialaksanakan pada bulan Juli dan TKD mulai Agustus 2014. Pendaftaran dilakukan secara online, dengan sistem single entry. Pelamar dapat memilih tiga pilihan jabatan pada satu instansi.
Selain itu, persyaratan pendaftaran juga dipermudah, karena saat mendaftar tidak diperlukan Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK), Surat keterangan Sehat dan kartu kuning. Persyaratan administrative itu baru diserahkan jika pelamar dinyatakan diterima menjadi CPNS. Dalam seleksi CPNS tahun 2014 ini juga membuka lowongan sebesar 5 persen untuk bagi sarjana dari berbagai jurusan, atau lintas jurusan.

Bagi Anda Yg Tidak Bisa Menghadiri Simulasi CAT Di 6 Kota Diatas, Bisa Belajar Mandiri Simulasi CAT Online

Klik Disini

2 comments

  1. kenapa situs cpns belum juga buka,bagaimana dengan warga yang belum daftar

  2. kapan di kaltim???? yang adil dong………………

Pingbacks

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.

Hati-hati terhadap penipuan yang mengatasnamakan CASNMedia.com
Kami tidak pernah meminta data pribadi, nomor telepon, data rekening bank atau identitas pribadi lainnya Kepada pengunjung CASNMedia.com.
CASNMedia.com juga tidak ada ikatan kerjasama dengan pihak manapun, baik instansi pemerintah, kelompok, maupun perorangan.