Ini Proses Ujian CAT CPNS, 1 Soal 54 Detik | Info CPNS 2017

Ini Proses Ujian CAT CPNS, 1 Soal 54 Detik

Hati-Hati..!! Penipuan CPNS Marak Terjadi, Hindari aksi penipuan dengan modus bisa meluluskan CPNS dengan jalan pintas. Tidak ada jalan lain lulus CPNS tanpa melalui proses seleksi CPNS dengan CAT.

Sebagai gambaran, Seperti Inilah Ujian CAT CPNS Yang Harus Kamu Kerjakan nanti jika ada pembukaan CPNS, Coba Disini

Tes CAT CPNS 2013 – Tes CPNS sistem CAT (Computer Assisted Test) pada penerimaan CPNS 2013 dipastikan berlangsung ketat. Tidak hanya jumlah peserta tes yang yang memperebutkan formasi perbandingan jumlahnya sangat jauh, tetapi, soal-soal yang diujikan juga cukup banyak dengan sistem baru CAT ini.

Untuk mengerjakan 100 soal CAT CPNS hanya diberi waktu 90 menit. Berarti satu soal tes harus bisa dikerjakan dalam waktu kurang dari satu menit atau sekitar 54 detik.

Padahal, ada tiga bidang yang bakal diujikan dalam tes CPNS tersebut. Yakni, wawasan kebangsaan, inteligensi umum, dan karakteristik personal atau semacam tes psikologi. Ada kemungkinan setiap bidang terdiri atas 33 soal yang harus dihadapi peserta.

Soal tes CAT CPNS tiga bidang bakal diujikan tersebut dibikin pemerintah pusat. Karena itu, instansi penerima CPNS 2013 tidak mengetahui sama sekali konsep setiap bidang yang diujikan.

Namun, yang paling utama adalah soal tersebut berbentuk multiple choice atau pilihan ganda. Setiap peserta tes bisa memilih satu jawaban terbaik di antara empat jawaban yang ada. “Tinggal memilih”.

CPNS CAT (Computer Assisted Test)

CPNS CAT (Computer Assisted Test)

Bentuk soal bisa jadi mirip dengan tahun-tahun sebelumnya. Namun, ada perbedaan mencolok dalam tes CPNS kali ini. Yaitu, cara menjawab. Jika tahun sebelumnya peserta tes menulis jawaban di lembar jawaban (LJK) atau di kertas, tahun ini CPNS paling tidak harus bisa mengoperasikan komputer.

Sebab, tahun ini mereka mengerjakan soal di depan komputer. Dipastikan peserta dilarang menggunakan keyboard. Setelah peserta memasukkan password dengan menggunakan keyboard, perangkat tersebut akan diambil pengawas.

Lalu, bagaimana peserta bisa mengerjakan soal tes? Penggunaan mouse sangat representatif. Peserta tes CPNS tinggal mengeklik setiap jawaban yang dinilai paling benar. “Tinggal klik”.

Ketatnya tes CPNS tersebut bukan berarti tidak memungkinkan peserta mengerjakan soal dengan curang, seperti menyontek. Namun, langkah tersebut bisa menjadi blunder. Sebab, Sistem CAT CPNS memastikan tes dengan sistem computer assisted test (CAT) tersebut dibuat acak untuk setiap peserta. Jadi berbeda soal antar setiap peserta.

Peserta jangan sekali-sekali menyontek saat mengerjakan soal. Sebab, di antara 100 soal, semua diacak komputer. Contohnya, soal nomor 1 milik salah seorang peserta dipastikan berbeda dengan peserta yang lain. “Jangan menyontek karena malah salah.”

Terkait jadwal pelaksanaan tes CAT CPNS antar setiap instansi berbeda-beda tergantung kesiapannnya. Informasi jadwal ujian CAT termasuk lokasi ujian dapat diperoleh pada pengumuman masing-masing instansi.

Tes CPNS dengan menggunakan komputer tersebut bakal offline atau tidak tersambung dengan internet. Namun, ada sebuah server yang menghubungkan setiap komputer (Intranet). Hal itu ditujukan untuk mengantisipasi adanya upaya hacker mencuri data atau lainnya.

Setelah peserta selesai mengerjakan tes, data pada server tersebut akan dibawa pengawas ujian yang ditunjuk pemerintah pusat. Pengawas yang langsung membawa data ke Badan Kepegawaian Negara (BKN).

Belajar Cara Kerja Tes CAT CPNS 2017
Sambil menunggu pelaksanaan tes CPNS 2017, Untuk memudahkan belajar praktek tes CAT CPNS dengan metode simulasi seperti ujian CAT sebenarnya, Anda bisa mengikuti Program Latihan Soal CPNS:
  • DIjamin anda mahir mengoperasikan CAT
  • Isi produk: Simulasi Ujian CAT mirip seperti ujian CAT sebenarnya
  • Kumpulan Soal CPNS beserta Jawaban dan pembahasan
  • Penyusunan materi mengacu kisi-kisi resmi pemerintah
  • Dapat digunakan pada komputer, tablet dan smartphone (Android, iPhone, BlackBerry)
  • Bisa akses kapan dan dimana saja (Aplikasi Online)
  • Soal jawab dan pembahasan materi bisa di cetak/download (ebook PDF)
  • Pendaftaran sekali, berlaku seumur hidup dan gratis update selamanya
  • Jelasnya, untuk Demo dan Pendaftaran silahkan Baca Disini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.

Hati-hati terhadap penipuan yang mengatasnamakan CASNMedia.com
Kami tidak pernah meminta data pribadi, nomor telepon, data rekening bank atau identitas pribadi lainnya Kepada pengunjung CASNMedia.com.
CASNMedia.com juga tidak ada ikatan kerjasama dengan pihak manapun, baik instansi pemerintah, kelompok, maupun perorangan.