Jurusan Yang Diterima Pada CPNS 2013

Latihan Praktek Ujian CAT CPNS : Dengan aplikasi simulasi interaktif Belajar jadi senyaman main Game. Informasi lengkap Baca Disini

Jurusan CPNS 2013 – Pemerintah menyiapkan 60 ribu formasi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di seluruh kementerian/lembaga (K/L) dan pemerintah daerah pada 2013 ini. Sebanyak 40 ribu lowongan di antaranya dibuka untuk daerah, sementara sisanya sebanyak 20 ribu untuk instansi pemerintah pusat.

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) Azwar Abubakar menjelaskan, formasi ini tidak dibuka untuk semua jabatan, hanya jabatan-jabatan tertentu yang boleh direkrut pada 2013 ini.

Adapun tenaga kerja tersebut, yakni tenaga untuk pendidikan, tenaga kesehatan, tenaga teknis dan jabatan-jabatan tertentu yang benar-benar dibutuhkan oleh organisasi.

“Misalnya tenaga penyuluh pertanian, yang memang dibutuhkan dalam meningkatkan hasil pertanian, seperti beras, jagung, dan lain-lain,” ujar Azwar, seperti dikutip dari situs Setkab, Jumat (22/2/2013).

Sementara untuk pemerintah pusat, yang diprioritaskan adalah guru (guru kelas dan guru produktif), dosen (eksakta dan teknik), jabatan-jabatan penegak hukum, jabatan yang menjadi pelaksana utama (core business) fungsi instansi, dan jabatan yang diperlukan untuk memenuhi standar internasional.

Dia menambahkan, meskipun kebijakan moratorium CPNS sudah berakhir, bukan berarti pemerintah daerah dapat serta merta merekrut CPNS sebanyak-banyaknya. Ia mengemukakan, pada 2013 ini pemerintah tetap menerapkan kebijakan zero growth menuju minus growth.

“Usulan tambahan harus berdasarkan analisa jabatan dan analisa beban kerja. Selain itu, instansi itu harus sudah memiliki proyeksi kebutuhan pegawai lima tahun ke depan,” ujar Azwar.

Latihan Praktek Ujian CAT CPNS : Dengan aplikasi simulasi interaktif Belajar jadi senyaman main Game. Informasi lengkap Baca Disini

2 thoughts on “Jurusan Yang Diterima Pada CPNS 2013”

  1. kita berharap ujian yg dilakukan bukan hanya formalitas belaka,mari lakukan apa adanya sesuai aturan tertulis yg baku untuk mendapatkan tenaga pengajar yg andal bersih dan berjiwa nasional. kerena kalau ujian hanya sebagai formalitas kasihan kita pada anak2 bangsa yg tak punya katakanlah surat sakti,kapan negeri ini menuju kepada kebaikan. kita harapkan dari pengrekrutan CPNS/PNS dapat melahirkan insan2 perbaikan struktur negara yg bersih dan berwibawa baik dimata manusia apalagi dipandangan Allah. begitu juga dalam pengrekrutan POLISI/ABRI jangan dengan kete belecelah hal ini bisa dilihat kalau polantas niup peluitnya pasti sipengedara mengeluarkan uang kalau tidak sipolisi cari2 kesalahan. kasihan itu polisi ditembak orang kata berita/ banyak lagi imek2negatif tentang polisi.bagaimanapun walau dia beri uang tak tahulah besarnya yg pasti dia ngomel, jadi uang diberikan bukan rasa senang tapi ngomel kasihan makan uang hasil ngomel sipengomel.kalau bilang gaji tak cukup kenapa masuk polisi kata bisik2 bayar sekian kalaulah bisik2 ini benar pantas jebolan minta2 dipinggir jalan kasihan polisi negara atau polisi jalanan.hai bapak2 aku punya usul bagaimana kalau pengrekrutan POLISI/ABRI dari siswa rangking 10 – 20 besar / sekolah SLTA harus tes yg sesuai aturan yg benar dari POLISI/ABRI biar itu guru-guru lebih berwibawa masak iya modal STTB dan uang dapat jadi POLISI/ABRI kasihan kalau memang sinyalemen ini memang adanya. 68 tahun RI Merdekaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaa

  2. apakah ada formasi utk jurusan ilmu pemerintahan dlm penerimaan CPNS thn 2013?soalnya di kab. Sumba Barat Daya banyak sarjana ilmu pemerintahan yg nganggur krn tdk direkrut olh Pemda,tapi yg direkrut justru yg lulusan SMA/SMK.mohon perhatian dari pemerintah pusat,khususnya kami para sarjana ilmu pemerintahan yg ada di kab.SBD-provinsi NTT.

Leave a Comment