Kabupaten Lahat Butuh CPNS Tenaga Penyuluh | Info CPNS 2017

Kabupaten Lahat Butuh CPNS Tenaga Penyuluh

Hati-Hati..!! Penipuan CPNS Marak Terjadi, Hindari aksi penipuan dengan modus bisa meluluskan CPNS dengan jalan pintas. Tidak ada jalan lain lulus CPNS tanpa melalui proses seleksi CPNS dengan CAT.

Sebagai gambaran, Seperti Inilah Ujian CAT CPNS Yang Harus Kamu Kerjakan nanti jika ada pembukaan CPNS, Coba Disini

Pemerintah Kabupaten Lahat provinsi Sumatera Selatan, saat ini mengalami kekurangan tenaga petugas penyuluh lapangan hal tersebut terjadi karena banyaknya tenaga penyuluh yang pensiun.

Disisi lain, minimnya formasi penerimaan CPNS Lahat bidang penyuluhan baik pertanian, perikanan dan kehutanan.

Kepala Badan Pelaksana Penyuluh Pertanian, Perikanan dan Kehutanan (BP4K) Lahat, H Mucktar Efendi mengatakan, saat ini pihaknya kekurangan tenaga penyuluh. “Ya sejauh ini kita kekurangan tenaga penyuluh. Hal ini berdampak kepada kurang maksimalnya pemberian pembinaan kepada petani. Makanya, kita berharap akan bertambah. Selain pensiun karena memang kurangnya formasi saat penerimaan PNS,”ungkapnya, ditemui Jumat (27/2).

Lebih lanjut ia mengungkapkan jumlah penyuluh lapangan di Kabupaten Lahat saat ini sebanyak 166 orang dengan rincian, penyuluh pertanian sebanyak 41 orang, penyuluh perikanan ada 2 orang, penyuluh kehutanan 12 orang, ditambah dengan tenaga honorer sebanyak 1 orang. Kemudian ada tenaga harian lepas atau tenaga bantu penyuluh pertanian sebanyak 109 orang.

“Dari penyuluh yang ada 55 orang berstatus PNS. Sedangkan sisanya adalah tenaga harian lepas yakni ada 109 orang. Untuk diketahui, tenaga harian lepas ini adalah tenaga kontrak dari kementrian pertanian RI, jadi gaji mereka dibayar dari pemerintah pusat,” bebernya lagi.

Menurutnya, Kabupaten Lahat sangat membutuhkan tenaga penyuluh untuk meningkatkan pengetahuan petani dalam rangka menunjang program ketahanan pangan. Mengenai jumlah kekurangan, menurut dia, jika mengacu pada jumlah desa yang ada di Kabupaten Lahat, sebanyak 350 desa, maka kekurangan tenaga penyuluh mencapai ratusan orang.

“Idealnya setiap desa ada satu petugas penyuluh lapangan, dan yang ada saat ini baru 166 orang, berarti masih kurang,” katanya.

Untuk memaksimalkan penyuluhan sendiri terpaksa seorang petugas menangani lima sampai enam desa. Sistem ini kurang efektif untuk meningkatkan pengetahuan di bidang pertanian pada petani. Pemerintah Kabupaten Lahat akan mengusulkan kekurangan tenaga penyuluh ini kepada pemerintah provinsi dan pemerintah pusat agar menambah jumlah tenaga tersebut melalui pembukaan CPNS. (CR22/Tribun Palembang).

Belajar Cara Kerja Tes CAT CPNS 2017
Sambil menunggu pelaksanaan tes CPNS 2017, Untuk memudahkan belajar praktek tes CAT CPNS dengan metode simulasi seperti ujian CAT sebenarnya, Anda bisa mengikuti Program Latihan Soal CPNS:
  • DIjamin anda mahir mengoperasikan CAT
  • Isi produk: Simulasi Ujian CAT mirip seperti ujian CAT sebenarnya
  • Kumpulan Soal CPNS beserta Jawaban dan pembahasan
  • Penyusunan materi mengacu kisi-kisi resmi pemerintah
  • Dapat digunakan pada komputer, tablet dan smartphone (Android, iPhone, BlackBerry)
  • Bisa akses kapan dan dimana saja (Aplikasi Online)
  • Soal jawab dan pembahasan materi bisa di cetak/download (ebook PDF)
  • Pendaftaran sekali, berlaku seumur hidup dan gratis update selamanya
  • Jelasnya, untuk Demo dan Pendaftaran silahkan Baca Disini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.

Follow Untuk Update Info CPNS!

Silahkan Ikuti CASNMedia Via Facebook:

Hati-hati terhadap penipuan yang mengatasnamakan CASNMedia.com
Kami tidak pernah meminta data pribadi, nomor telepon, data rekening bank atau identitas pribadi lainnya Kepada pengunjung CASNMedia.com.
CASNMedia.com juga tidak ada ikatan kerjasama dengan pihak manapun, baik instansi pemerintah, kelompok, maupun perorangan.