Lowongan CPNS Pemkot Surabaya 2013 Terima 440 Orang | Info CPNS 2018

Lowongan CPNS Pemkot Surabaya 2013 Terima 440 Orang

Selamat bagi kamu yang lulus SKD. Selangkah lagi kamu lulus CPNS, Pelajari Latihan Soal SKB, Lihat Disini>>

SURABAYA – Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya kekurangan tenaga teknis di berbagai bidang di luar tenaga guru dan staf. Jumlah kekurangan tenaga teknis itu mencapai sekitar 130 orang. Karena itu, dalam penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2013, Pemkot akan mengajukan tambahan tenaga teknis sebanyak 130 orang.

Secara rinci, jumlah CPNS di Pemkot Surabaya yang akan diterima tahun ini sebanyak 440 orang. Mereka terdiri dari 309 orang yang merupakan usulan tahun 2012 dan sebagian besar untuk tenaga guru serta tenaga kesehatan. Sementara sisanya, sebanyak 130 orang merupakan usulan tahun ini yang khusus untuk tenaga teknis. 

“Jadi, tahun ini Pemkot hanya menerima CPNS sebanyak 440-an itu,” ungkap Yayuk Eko Agustin, Kepala Badan Kepegawaian dan Diklat (BKD) Pemkot Surabaya, Senin (25/3) pagi tadi.

Tapi, menurutnya, jumlah penerimaan CPNS sebanyak itu masih jauh dari ideal.  Pasalnya, tiap tahun hampir 700 pegawai yang memasuki masa pensiun. “Rata-rata setiap tahun di Pemkot ada sekitar 700 pegawai yang pensiun, sementara penerimaan CPNS-nya belum sebnyak itu, sehingga kuotanya belum bisa memenuhi kebutuhan CPNS di Pemkot,” terangnya.

Menurutnya, beban kerja cukup berat. Mengingat kota besar seperti Surabaya ini butuh tenaga yang cukup banyak. Kalau, selama ini jumlah PNS di Pemkot ada sekitar 21.000 orang dan setiap tahunnya ada sekitar 700 orang pensiun, maka jumlah PNS akan terus berkurang karena penambahannya tidak sebanyak itu. 

Sedangkan untuk mengatasi kekurangan pegawai tersebut, lanjutnya, Pemkot Surabaya berupaya memaksimalkan penggunaan sistem tekhnologi informasi. “Mana yang bisa kita maksimalkan, kami akan melakukannya. Seperti penggunaan IT (Informasi Teknologi), penggabungan Kelurahan dan UPTD (Unit Pelaksana Teknis Dinas) kita kurangi hingga menjadi 5 unit,” paparnya.

Yayuk mengatakan, berdasarkan pengalaman tahun-tahun sebelumnya pengajuan CPNS selalu tidak sesuai usulan. Namun, ternyata yang direkomendasi  oleh Kementrian Pendayagunaan Aparatur Negara (KemenPAN) relatif kecil. “Kalau kurangnya ya ribuan, tapi jika diusulkan ribuan yang disetujui hanya ratusan,” tegasnya.

Tahun ini, di samping merekrut CPNS dari jalur umum. Pemkot Surabaya juga akan melakukan tes jalur khusus, yakni untuk tenaga  honorer yang ditetapkan oleh Menpan (K-2). Sedangkan honorer  yang masuk di bawah tahun 2005 (K-1) langsung diangkat sebagai CPNS. 

Yayuk Eko Agustin belum bisa memastikan kapan pelaksanaan tes CPNS diselenggarakan. Ketentuan pelaksanaan menurutnya bergantung pada Pemerintah Pusat. Namun ia menambahkan, tahun ini direncanakan tes CPNS berlangsung serentak seluruh daerah. “Rekruitmen tahun ini seluruh Indonesia bersamaan,” katanya.

Sedangkan, Ketua Komisi D DPRD Surabaya Baktiono mengatakan, Pemkot harus pintar dan cerdas dalam memanajemen pemerintahannya. Memang secara kasat mata jumlah PNS tampak kurang. Tapi, kenyataannya masih banyak PNS Pemkot yang tidak memiliki kerja maksimal. “Banyak PNS di dinas-dinas yang tidak memiliki pekerjaan maksimal, lha mbok yang itu dimaksimalkan,” ungkap Baktiono.

Selain itui, lanjutnya, pada 2012 lalu PNS Pemkot banyak dibantu tenaga outsourcing di berbagai bidang, tapi di awal tahun ini jumlah tenaga outsourcingnya malah dikurangi cukup banyak [Surabaya Pos]

Selamat bagi kamu yang lulus SKD. Selangkah lagi kamu lulus CPNS, Pelajari Latihan Soal SKB, Lihat Disini>>

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.

Hati-hati terhadap penipuan yang mengatasnamakan CASNMedia.com
Kami tidak pernah meminta data pribadi, nomor telepon, data rekening bank atau identitas pribadi lainnya Kepada pengunjung CASNMedia.com.
CASNMedia.com juga tidak ada ikatan kerjasama dengan pihak manapun, baik instansi pemerintah, kelompok, maupun perorangan.