Materi Ujian Tes CPNS Tahun 2013

Latihan Praktek Ujian CAT CPNS : Dengan aplikasi simulasi interaktif Belajar jadi senyaman main Game. Informasi lengkap Baca Disini

Materi ujian tes CPNS mengacu pada ketentuan berdasarkan peraturan yang berlaku. Materi Ujian CPNS disusun sedemikian rupa dengan tujuan agar pelamar CPNS yang akan diterima benar-benar mempunyai kecakapan, keahlian dan keterampilan yang diperlukan. Materi ujian CPNS ini juga menjadi dasar dalam pembuatan soal CPNS.

Berikut ini adalah informasi ketentuan materi ujian tes CPNS termasuk materi ujian cpns 2013 yang akan segera dilaksanakan. Ketentuan ini berdasarkan Keputusan kepala badan kepegawaian negara Nomor 11 tahun 2002 Tentang Ketentuan pelaksanaan Peraturan pemerintah nomor 98 tahun 2000 Tentang pengadaan pegawai negeri sipil Sebagaimana telah diubah dengan peraturan Pemerintah nomor 11 tahun 2002.

Adapun materi ujian tes CPNS tersebut meliputi :

  1. Test Kompetensi: Materi tes kompetensi disesuaikan dengan kebutuhan persyaratan jabatan
  2. Psikotes: Penyelenggaraan psikotes disesuaikan dengan kebutuhan persyaratan jabatan dan kemampuan instansi masing-masing.

Test kompetensi disesuaikan dengan kebutuhan persyaratan jabatan, antara lain meliputi :

  1. Pengetahuan Umum;
  2. Bahasa Indonesia
  3. Kebijaksanaan Pemerintah
  4. Pengetahuan Teknis: Pengetahuan teknis adalah pengetahuan yang diperlukan untuk jabatan yang bersangkutan dan atau syarat jabatan. Umpamanya : Pengetahuan di bidang lingkungan hidup, kesehatan masyarakat, konstruksi jembatan dan lain sebagainya yang serupa dengan itu.
  5. Pengetahuan lainnya: Pengetahuan lainnya adalah pengetahuan yang dipandang perlu untuk jabatan yang bersangkutan.
  6. Dalam menyusun materi ujian harus didasarkan pada persyaratan jabatan yang dibutuhkan. Umpamanya : Materi ujian untuk pelamar yang akan diangkat dalam jabatan guru harus berbeda dengan materi ujian bagi pelamar yang akan diangkat dalam jabatan tenaga medis. Demikian pula dnegan materi ujian untuk jenjang pendidikan yang berbeda.

Psikotes dilakukan untuk mengetahui kepribadian, minat dan bakat bagi pelamar. Penyelenggaraan psikotes dilakukan sesuai dengan kemampuan instansi masing-masing.

Latihan Praktek Ujian CAT CPNS : Dengan aplikasi simulasi interaktif Belajar jadi senyaman main Game. Informasi lengkap Baca Disini

Leave a Comment