Nilai Passing Grade Kelulusan CPNS 2013 Tetap Diberlalukan | Info CPNS 2018

Nilai Passing Grade Kelulusan CPNS 2013 Tetap Diberlalukan

Selamat bagi kamu yang lulus SKD. Selangkah lagi kamu lulus CPNS, Pelajari Latihan Soal SKB, Lihat Disini>>

Passing Grade CPNS – Seperti pada penerimaan CPNS tahun lalu, untuk tes CPNS tahun 2013 nanti akan tetap diberlakukan sistem passing grade kelulusan tes CPNS. Passing Grade kelulusan CPNS ini diberlakukan dengan tujuan menjaring CPNS yang lebih produktif dalam melayani masyarakat. Aparatur negara seyogyanya memiliki power culture sebagai bentuk dedikasinya menjadi abdi negara. Persoalan integritas ini akan diketatkan pada rekrutmen CPNS TA 2013. Rencana pengangkatan CPNS TA 2013 ini selain memiliki power culture, juga harus memenuhi syarat passing grade

Asisten Deputi Kesejahteraan SDM Aparatur Salman mengatakan, perlu adanya perbaikan pada sistem seleksi untuk mendapatkan SDM Aparatur yang berkualitas.

“Perekrutan ditujukan untuk memilih sarjana terbaik dari universitas terbaik,” ujarnya saat menghadiri rapat koordinasi kebijakan bidang SDM Aparatur di Medan (15/05). “Kualitas SDM menentukan maju tidaknya suatu bangsa,” tambahnya dikutip dari situs kemenpan RB (18/5).

Apa itu Passing Grade kelulusan CPNS?

Passing grade kelulusan CPNS adalah nilai ambang batas yang harus dipenuhi peserta tes CPNS agar bisa lulus. Jika nilai passing grade tidak dapat dipenuhi maka walaupun formasi yang tersedia masih banyak yang kosong tidak akan diterima menjadi CPNS. Misalnya nilai passing grade CPNS adalah 6, maka peserta ujian harus bisa memperoleh nilai 6 atau lebih. Seandainya ada formasi CPNS yang kosong sebanyak 700 formasi dengan pelamar 1.000 orang, ternyata setelah ujian dilaksanakan yang memperoleh nilai 6 atau lebih hanya 10 orang, maka yang yang dinyatakan lulus CPNS hanya ke 10 orang yang memperoleh nilai memenuhi passing grade kelulusan tersebut.

Bagaimana Passing grade kelulusan CPNS tahun 2013 saat ini belum ditetapkan pemerintah pusat. Untuk tes CPNS honorer K2 penetapan nilai passing grade tes kompetensi dasar (TKD) dan tes kompetensi bidang (TKB) rencananya akan ditetapkan pada bulan September nanti.

Sebagai perbandingan, pada ujian CPNS tahun 2012 yang lalu berikut ini Passing Grade (Nilai Ambang Batas Minimal) kelulusan Tes Komptensi Dasar (TKD):

No
Tingkat Pendidikan
Nilai
ambang batas (Passing Grade)
Keterangan
1
SLTA/Sederajat
25
5
5
50 jawaban benar dari 100 soal Tes Karakteristik Pribadi (TKP)
10 jawaban benar dari 50 soal Tes Intelegensia Umum (TIU)
10 jawaban benar dari 50 soal Tes Wawasan Kebangsaan (TWK)
2
DII/DIII/Sederajat
27,5
7,5
7,5
55 jawaban benar dari 100 soal Tes Karakteristik Pribadi (TKP)
15 jawaban benar dari 50 soal Tes Intelegensia Umum (TIU)
15 jawaban benar dari 50 soal Tes Wawasan Kebangsaan (TWK)
3
SI/DIV, S2, S3 sederajat
30
15
10
60 jawaban benar dari 100 soal Tes Karakteristik Pribadi (TKP)
30 jawaban benar dari 50 soal Test Intelegensia Umum (TIU)
20 jawaban benar dari 50 soal Tes Wawasan Kebangsaan (TWK)

Selamat bagi kamu yang lulus SKD. Selangkah lagi kamu lulus CPNS, Pelajari Latihan Soal SKB, Lihat Disini>>

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.

Hati-hati terhadap penipuan yang mengatasnamakan CASNMedia.com
Kami tidak pernah meminta data pribadi, nomor telepon, data rekening bank atau identitas pribadi lainnya Kepada pengunjung CASNMedia.com.
CASNMedia.com juga tidak ada ikatan kerjasama dengan pihak manapun, baik instansi pemerintah, kelompok, maupun perorangan.