Pendaftaran CPNS Praja IPDN Tahun 2013 Provinsi Sumut Dibuka | Penerimaan CPNS 2014 | CASN Media

Pendaftaran CPNS Praja IPDN Tahun 2013 Provinsi Sumut Dibuka


TAHUKAH ANDA : Punya sebuah handphone sudah cukup lo sebagai modal belajar Tes CAT CPNS 2014 sampai mahir. Apa hasilnya..? Tahun lalu banyak yang terbukti lulus CPNS belajar disini. Informasi lengkapnya Baca Disini.

Penerimaan CPNS Praja IPDN Provinsi Sumatera Utara Tahun 2013 secara resmi dibuka dan telah diumumkan oleh gubernur Sumatera Utara dengan pengumuman nomor 800/ 13529/B K D /III/2013 tanggal 26 Juni 2013.

Dibukanya pendaftaran Penerimaan CPNS Praja IPDN Provinsi Sumut 2013 ini berdasarkan Surat Edaran Menteri Dalam Negeri Nomor S92.1/3212/SJ tanggal 20 Juni 2013 tentang Penerimaan CPNS Calon Praja IPDN Tahun Ajaran 2013/2014.

Latihan CAT CPNS 2014

Berikut ini kutipan pengumuman Penerimaan CPNS Praja IPDN Provinsi Sumut 2013, diumumkan bahwa dibuka kesempatan bagi Putra/Putri Warga Negara Indonesia untuk mengikuti Pendidikan pada IPDN Tahun Ajaran 2013/2014 di Kampus IPDN Pusat dan Kampus IPDN Daerah.

Syarat Pendaftaran IPDN Tahun 2013:

1. Warga Negara Indonesia.
2. Usia per tanggal 1 Desember 2013 :
a. Bagi pelamar umum minimal 16 (enam belas) tahun dan maksimal 21 (dua puluh satu ) tahun.
b. Pelamar dari PNS Tugas Belajar berusia maksimal 24 tahun dengan masa kerja menjadi PNS minimal 2 (dua) tahun.
3. Tahun Ijazah/Surat Tanda Tamat Belajar (STTB) Sekolah Menengah Atas (SMA)/ Madrasah Aliyah (MA) pendaftar, yaitu tahun 2011, 2012 dan 2013 bagi pelamar umum.
4. Syarat Usia sebagaimana dimaksud pada angka 2 huruf a dan syarat kelulusan tahun
ijazah/STTB sebagaimana dimaksud pada angka 3, harus terpenuhi seluruhnya.
5. Nilai rata-rata Ijazah/STTB SMA/MA minimal 7,00 (Tujuh koma nol nol).
6. Tinggi Badan minimal 160 cm untuk PRIA dan minimal 155 cm untuk WANITA.
7. Tidak bertato atau bekas tato dan bagi pelamar pria tidak ditindik atau bekas ditindik telinganya atau anggota badan lainnya kecuali karena ketentuan agama / adai.
8. Tidak menggunakan kacamata/lensa kontak sesuai dengan unsur pemeriksaan kesehatan.
9. Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) dari Kepolisian tingkat Kabupaten/Kota (Polres/Poltabes).
10. Surat Keterangan Berbadan Sehat dari Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD)/Rumah Sakit TNI/Rumah Sakit POLRI/Puskesmas Pemerintah setempat.
11. Surat Pernyataan belum pernah menikah / kawin / hamil / melahirkan dan sanggup tidak menikah / kawin selama mengikuti pendidikan, yang diketahui oleh orang tua / wali dan disahkan Kepala Desa / Lurah setempat, yang dinyatakan tertulis, ditandatangani di atas materai Rp. 6000,-.
12. Surat Pernyataan untuk bersedia mentaati segala Peraturan Kehidupan Praja dan bersedia mengembalikan seluruh biaya pendidikan yang telah dikeluarkan Pemerintah dikarenakan mengundurkan diri, diberhentikan dan/atau melanggar peraturan pendidikan, diketahui oleh orang tua / wali yang dinyatakan tertulis, ditandatangani di atas materai Rp. 6000,-
13. Surat Pernyataan siap diberhentikan tanpa menuntut dimuka pengadilan melalui PTUN jika melakukan tindakan kriminal, mengkonsumsi maupun menjual belikan narkoba, melakukan perkelahian, pemukulan dan pengeroyokan, dan melakukan tindakan asusila, berdampak hukum atau tidak, yang dinyatakan secara tertulis dan ditandatangani di atas materai Rp. 6000,-

Tata Cara Penerimaan IPDN Tahun 2013:

a. Masa pendaftaran : dari tanggal 1 Juli s/d 13 Juli 2013.
b. Pendaftaran dilakukan oleh peserta seleksi CPNS Calon Praja IPDN di Badan Kepegawaian Daerah Kabupaten/Kota masing-masing.
c. Susunan Administrasi berkas lamaran :
1). Surat Permohonan yang ditujukan Kepada Menteri Dalam Negeri Cq Sekretaris Jenderal, ditulis dengan tinta warna hitam di atas kertas  bermaterai Rp. 6000,- (contoh surat lamaran terlampir) ;
2). Fotocopy Ijazah/STTB SMA/MA yang dilegalisir oleh pejabat yang berwenang;
3). Surat Keterangan Catatan Kepolisian;
4). Surat Keterangan Berbadan S ehat;
5). Menyerahkan berbagai surat pernyataan yang telah ditentukan (contoh terlampir);
6). Pasphoto berwarna menghadap ke depan dan tidak memakai kaca mata, ukuran 3 x 4 cm sebanyak 6 (enam) lembar dan 4 x 6 cm sebanyak 4 (empat) lembar dengan latar belakang merah.
7). Biodata peserta seleksi CPNS Calon Praja IPDN (contoh terlampir);

Pencantuman Data calon peserta pada setiap lembar persyaratan disesuaikan dengan Ijazah, demikian juga dengan alamat disesuaikan dengan domisili / KTP pelamar.
1. Persyaratan administrasi sebagaimana tersebut pada butir c angka 1 s/d 5 dibuat dalam rangkap 3 (tiga), satu set diantaranya ASLI dan segala yang berbentuk fotocopy harus dilegalisir oleh Pejabat yang berwenang, setiap set dimasukkan ke dalam stofmap berwarna BIRU bagi pelamar Pria dan stofmap berwarna MERAH bagi pelamar Wanita.
2. CPNS Calon Praja IPDN yang mengikuti Wawancara Pantukhir belum merupakan jaminan bahwa yang bersangkutan dinyatakan lulus dan diterima sebagai CPNS Praja IPDN Tahun Ajaran 2013/2014.

Tahapan dan Waktu Seleksi IPDN Tahun 2013

1. Seleksi Administrasi oleh Badan Kepegawaian Daerah Kabupaten/Kota yang dikoordinasikan oleh Pemerintah Provinsi.
2. Tes Kemampuan Dasar (TKD) yang terdiri dari :
1. Tes Karakteristik Pribadi (TKP);
2. Tes Intelegensi Umum (TIU);
3. Tes Wawasan Kebangsaan (TWK);
4. Tes Kesehatan dan Tes Kesamaptaan/Jasmani.
5. Tes Psikologi oleh Dinas Psikologi TNI AD dan Tes Integritas dan Kejujuran oleh Komisi
6. Penentuan Akhir dilaksanakan oleh Panitia Penentuan Akhir yang ditetapkan oleh Menteri Dalam Negeri di Kampus IPDN Jatinangor.
6 . Tes sebagaimana dimaksud pada angka 2 s/d 4 dilaksanakan di Medan.
7. Seleksi Penerimaan CPNS Calon Praja IPDN menggunakan SISTEM GUGUR, yaitu para peserta dapat mengikuti seleksi tahap selanjutnya apabila dinyatakan lulus atau memenuhi syarat pada tahap sebelumnya.
8. Jadwal pelaksanaan Tes akan ditentukan dan diberitahukan kemudian.

Pengambilan Tanda/Kartu Peserta Seleksi IPDN Sumut 2013

Pengambilan tanda/kartu peserta seleksi yang berasal dari Kota Medan, Binjai, Tebing Tinggi, Kabupaten Deli Serdang, Serdang Bedagai dan Langkat dapat diambil di Kantor Bupati/Walikota setempat, sedangkan pelamar lainnya akan dibagikan di Badan Kepegawaian Daerah Provinsi Sumatera Utara Jl. P. Diponegoro Nomor 30 Medan pada tanggal 27 Juli 2013.

Bagi calon pelamar CPNS 2014 diharapkan melakukan persiapan yang matang untuk menghadapi ujian CPNS 2014 nanti. Penerimaan CPNS 2014 akan dilakukan dengan murni dan trasparan dengan menggunakan sistem CAT.

Jadi jika ingin lulus CPNS satu-satunya cara adalah dengan belajar dan melakukan persiapan mantap dan menguasai bagaimana sistem CAT CPNS dan materinya.

Apa sebaiknya persiapan yang dilakukan?
Untuk memudahkan belajar praktek tes CAT CPNS 2014 dengan metode simulasi seperti ujian CAT sebenarnya, Anda bisa megikuti Program Latihan Soal CPNS 2014:
  • DIjamin anda mahir mengoperasikan CAT
  • Isi produk: Simulasi Ujian CAT seperti ujian CAT sebenarnya
  • Kumpulan Soal CPNS beserta Jawaban dan pembahasan
  • Penyusunan materi mengacu kisi-kisi resmi pemerintah (Perka BKN Nomor 9 Tahun 2012)
  • Dapat digunakan pada komputer, tablet dan smartphone (Android, iPhone, BlackBerry)
  • Bisa akses kapan dan dimana saja (Aplikasi Online)
  • Soal jawab dan pembahasan materi bisa di cetak/download (ebook PDF)
  • Pendaftaran sekali, berlaku seumur hidup dan gratis update selamanya
  • Jelasnya, untuk Demo dan Pendaftaran silahkan Baca Disini

Berikan Komentar:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


seven + 5 =

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Close

Jangan Ketinggalan Info CPNS Tahun Ini

Kami Akan Update Info CPNS Tiap Hari, Silahkan Like atau Follow.
Atau Klik "CLOSE" Diatas Jika Anda Sudah Follow

Hati-hati terhadap penipuan yang mengatasnamakan CASNMedia.com
Kami tidak pernah meminta data pribadi, nomor telepon, data rekening bank atau identitas pribadi lainnya Kepada pengunjung CASNMedia.com.
CASNMedia.com juga tidak ada ikatan kerjasama dengan pihak manapun, baik instansi pemerintah, kelompok, maupun perorangan.