Penerimaan CPNS, IPDN dan AKPOL Dikawal KPK | Info CPNS 2018

Penerimaan CPNS, IPDN dan AKPOL Dikawal KPK

Selamat bagi kamu yang lulus SKD. Selangkah lagi kamu lulus CPNS, Pelajari Latihan Soal SKB, Lihat Disini>>

Tampaknya titik terang seleski penerimaan aparatur di Indonesia akan semakin tertata lebih baik. Berbagai pihak telah melibatkan diri mengkawal proses seleksi penerimaan aparatur seperti tahun lalu sudah dilakukan ICW (Indonesia Corruptions Wach) yang bekerjasama dengan pemerintah mengawasi jalannya proses penerimaan CPNS tahun 2012.

Kali ini Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) juga turut melibatkan diri mengawasi proses penerimaan aparatur. KPK akan ikut campur mengawasi jalanya penerimaan CPNS Kejaksaan, penerimaan praja IPDN dan penerimaan AKPOL.

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengakomodasi kritik masyarakat soal transparansi perekrutan calon praja di Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN). Lembaga antirasuah ini mulai tahun ajaran baru nanti akan mengawal proses rekrutmen calon praja IPDN. Bahkan, KPK juga mengawasi perekrutan calon taruna di Akademi Kepolisian (Akpol) dan penerimaan CPNS Kejaksaan Agung (Kejagung).

KPK akan fokus tiga hal dalam mengawasi perekrutan. Pertama, mencari tahu berapa kuota calon praja yang dibutuhkan di setiap daerah. Selain mengetahui kuota calon praja, KPK juga akan mencari tahu kuota untuk lulusan yang disebar ke daerah-daerah.

Kedua, mengantisipasi kebocoran materi ujian perekrutan. KPK nantinya mengandeng pemerintah daerah, baik provinsi, maupun kota-kabupaten.

Ketiga KPK akan meminta ada soal-soal ujian masuk mengenai integritas. Demikian seperti yang diungkapkan Wakil Ketua KPK Adnan Pandu Praja yang diberitakan JPNN (22/6).

Kebijakan KPK ini tentu menjadi kabar baik bagi masyarakat yang menginginkan transparansi dan kejujuran penerimaan aparatur birokrasi Indonesia semakin ditingkatkan. Harapannya tentunya kedepan proses pintu masuk rekrutmen CPNS ini akan bisa dijamin kemurniannya untuk bisa merekrut orang-orang yang benar-benar kompeten dan secara langsung akan memajukan birokrasi Indonesia.

Selamat bagi kamu yang lulus SKD. Selangkah lagi kamu lulus CPNS, Pelajari Latihan Soal SKB, Lihat Disini>>

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.

Hati-hati terhadap penipuan yang mengatasnamakan CASNMedia.com
Kami tidak pernah meminta data pribadi, nomor telepon, data rekening bank atau identitas pribadi lainnya Kepada pengunjung CASNMedia.com.
CASNMedia.com juga tidak ada ikatan kerjasama dengan pihak manapun, baik instansi pemerintah, kelompok, maupun perorangan.