Ini Pengalaman Tes CPNS di Kementerian Keuangan (Kemenkeu) | Penerimaan CPNS 2014 | CASN Media

Ini Pengalaman Tes CPNS di Kementerian Keuangan (Kemenkeu)


TAHUKAH ANDA : Punya sebuah handphone sudah cukup lo sebagai modal belajar Tes CAT CPNS 2014 sampai mahir. Apa hasilnya..? Tahun lalu banyak yang terbukti lulus CPNS belajar disini. Informasi lengkapnya Baca Disini.

Oleh: Maya Evilia

Hmmm gw lagi pengen cerita soal pengalaman pertama gw ikut tes CPNS kementerian keuangan tahun 2012 lalu *,* ….  Siapa sih yang gak kenal ama Kementerian Keuangan RI?? Kementerian Keuangan merupakan salah satu institusi pemerintahan terpenting di Indonesia. Kementerian Keuangan bertanggung jawab untuk mengelola Pendapatan Negara, Pengeluaran Negara, dan Aset Negara melalui pengalaman APBN..

Latihan CAT CPNS 2014
Seleksi Administrasi Pendaftaran CPNS Kemenkeu

Uhm tes yang pertama adalah tes ADMINISTRASI. Tes petama ini dilakukan dengan melamar online melalui situs rekrutmen.depkeu.go.id … Kita mengisi data diri kaya nama, alamat, universitas, IPK, lalu kita juga harus mengisi ingin ditempatkan di Dirjen Pajak, Perbendaharaan Negara, Bapepam, atau yang lain nya.. Waktu itu sih pilihan pertama gw Dirjen Pajak dan pilihan kedua gw Perbendaharaan Negara. Waktu itu pendaftaran online ini diadakan skitar bulan Juli akhir, dan berkas yang harus dikirimkan itu paling lambat Agustus awal kalo gak salah (agak lupa gw soalnya uda beberapa bulan yang lalu)..hehehehe.. Waktu itu yang melakukan pendaftaran online ada skitar 30ribuan, secara nomer pendaftaran gw aja udah sampe 29 rbuan…

Tes Kompetensi Dasar (TKD) CPNS Kemenkeu

Setelah lulus tes administrasi, tes yang kedua adalah TES KOMPETENSI DASAR (TKD). Tes ini menguji pengetahuan umum kita mengenai Tata Negara, Pancasila, UUD, lalu pengetahuan akademik kita juga akan diuji, seperti matematika dasar, hitung – hitungan, Bahasa Indonesia.. Gw paling suka sih waktu ngerjain matematikanya, seru banget…Apalagi soal ceritanya,hehehe… Yang perlu diingat dalam tes ini adalah jangan terlalu lama berpikir dalam menjawab pertanyaan, secara waktunya yang sangat singkat yaitu 2,5 jam dan soalnya panjang – panjang banget boooo…Terus jangan lupa untuk mengisi semua jawaban, jangan sampai ada yang kosong karena kalaupun jawaban kita salah gak akan ada pengurangan nilai kok :)

Tes Kompetensi Bidang (TKB) CPNS Kemenkeu: Psikotest Dll.

Setelah lulus tes kompetensi dasar, tes yang kedua adalah TES PSIKOTES. Waktu jaman gw kemarin yang lulus ke tahap tes psikotes itu cuma 1083 kalo gak salah, hehe yapz TKD merupakan tes yang paling banyak memakan korban.. Tes Psikotes ini dilakukan sekitar kurang lebih 5 jam, dari jam 8 pagi ampe jam 1 siang.. Soalnya banyaaakkkk bangetttttt, dan waktunya itu sebentar2 bangett buat per bagian nya,, heheheh jadi kudu berusaha secepet mungkin ngerjainnya.. Kebetulan sih gw suka banget ama soal – soal psikotes jadi gak masalah buat gw, xixixixixi..

Tes ini terdiri dari beberapa bagian, yang gw inget sih :
1. Tes matematika kaya hitung – hitungan dan soal cerita ..
2. Tes bahasa kaya sinonim, antonim gitu deh..
3. Tes gambar – gambar, yapz tes ini cukup bikin pusing, balok jungkir balik gitu gambar – gambarnya..hehehe tapi gw seru – seru aja ngerjain soal ini, cukup asik ngutak atiknya..
4. Tes Pauli.. Tes ini yang cukup bikin para peserta pusing, gimana gak pusing, liat kertasnya aja udah bikin mual (kata orang – orang sih gitu).. Tapi gw malah paling suka sama tes yang satu ini, hehe.. Kertasnya itu segede kertas koran dan penuh dengan angka bolak balik.. Tugas kita adalah menjumlahkan dari atas ke bawah. Kalo bisa sih ngerjain nya yang cepet yah, kerjain sebanyak – banyaknya.. tapi kalo kata orang psikologi sih yang diukur dari tes ini bukan banyak atau sedikitnya kita ngerjain soal, melainkan dari kekonsistenan kita dalam ngerjain soal gitu..
5. Wartegg Tes. Dalam tes ini kita dikasih selembar kertas yang terdiri dari 8 kotak, dan kita disuruh untuk melengkapi gambar dasar yang ada pada masing – masing kotak.
6. Tes menggambar. Kita disuruh untuk menggambar orang dan pohon, hehe tes ini cukup bikin otak refresh setelah ngerjain Pauli.

Selesai menjalani tes psikotes ini, keluar ruangan yang gw rasain itu lapeeerrrrrrrrrrrrrr banget,, sumpah cukup menguras tenaga tes nya.. hehe..

3 minggu kemudian hasil tes diumumkan, dan Alhamdulillah gw lolos ke tahap tes kesehatan dan kebugaran.. Kalo dari blog – blog yang gw baca dari pengalaman – pengalaman sebelumnya sih tes kesehatan dan kebugaran itu dilakukan lebih dulu, yang lolos tes ini baru mengikuti tes wawancara. Tapi waktu jaman gw ikut tes, bagi yang lolos tes psikotes maka akan lolos ke tahap tes KESEHATAN DAN KEBUGARAN & tes WAWANCARA (mungkin karena waktunya yang udah sangat mendesak yah coz waktu itu udah tanggal 2 November).

Waktu itu gw ikut tes wawancara tanggal 6 Nov dan gw kebagian jadwal tes kesehatan & kebugaran tgl 8 Nov.. Waktu tes wawancara sebenarnya persiapan paling penting adalah mental, jangan grogi duluan, PD aja.. Istirahat dan makan yang cukup, pokoknya di depan interviewer kita harus keliatan seger dan bersemangat. Tunjukkan sikap yang santun dan ramah.. Pertanyaan ketika wawancara seputar pengalaman kerja, organisasi, keberhasilan, dan kegagalan.. Waktu itu gw berangkat paling pagi, jam 6 gw udah nangkring di gedung Bea Cukai Semarang, dan gw sama sekali gak ditanyain tentang pelajaran dan tentang berita – berita aktual seputar kemenkeu (padahal gw udah belajar),hehe

Tgl 8 Nov gw ikut tes kesehatan dan kebugaran. Gw berangkat sepagi mungkin karena gw pengin lari di kloter pertama biar gak panas, hehe..
Pada tes ini kita diukur tinggi badan, tekanan darah, dites buta warna, mulut & gigi, telinga, cek mata apakah minus atau tidak, apalagi yah gw lupa..hehe

Setelah tes kesehatan, tes selanjutnya adalah lariiiii yaitu lari selama 12 menit dan shuttle run. Yang perlu kita lakuin dalam tes ini adalah lariiiiiiiiiiiiiiiiii teruuuuusssssss jangan berhenti, jangan jalan lari jalan lari, kalau bisa lari teruusss.. Waktu itu gw bisa dapet 4,5 puteran muterin Lapangan sepak bola Gor Jatidir Semarang.. hehe gw lari di depan sendiri waktu itu, udah kaya kancil aja.. Abis lari rasanya capeeeeeeeee bangettttttttttt..

Setelah lari 12 menit, kita harus ikut shuttle run. Yang paling penting dalam tes ini adalah lari secepat mungkin. Shuttle run ini lari membentuk angka 8 mengitari 2 tongkat..

Itulah pengalaman gw ikut tes KEMENKEU, semoga bermanfaat [Maya Evilia]

Bagi calon pelamar CPNS 2014 diharapkan melakukan persiapan yang matang untuk menghadapi ujian CPNS 2014 nanti. Penerimaan CPNS 2014 akan dilakukan dengan murni dan trasparan dengan menggunakan sistem CAT.

Jadi jika ingin lulus CPNS satu-satunya cara adalah dengan belajar dan melakukan persiapan mantap dan menguasai bagaimana sistem CAT CPNS dan materinya.

Apa sebaiknya persiapan yang dilakukan?
Untuk memudahkan belajar praktek tes CAT CPNS 2014 dengan metode simulasi seperti ujian CAT sebenarnya, Anda bisa megikuti Program Latihan Soal CPNS 2014:
  • DIjamin anda mahir mengoperasikan CAT
  • Isi produk: Simulasi Ujian CAT seperti ujian CAT sebenarnya
  • Kumpulan Soal CPNS beserta Jawaban dan pembahasan
  • Penyusunan materi mengacu kisi-kisi resmi pemerintah (Perka BKN Nomor 9 Tahun 2012)
  • Dapat digunakan pada komputer, tablet dan smartphone (Android, iPhone, BlackBerry)
  • Bisa akses kapan dan dimana saja (Aplikasi Online)
  • Soal jawab dan pembahasan materi bisa di cetak/download (ebook PDF)
  • Pendaftaran sekali, berlaku seumur hidup dan gratis update selamanya
  • Jelasnya, untuk Demo dan Pendaftaran silahkan Baca Disini

Berikan Komentar:

One comment

  1. Mba,kira2 brp jam dari tes kesehatan sampai kebugarannya?… Ada sejam ga’?

Pingbacks

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


+ nine = 18

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Close

Jangan Ketinggalan Info CPNS Tahun Ini

Kami Akan Update Info CPNS Tiap Hari, Silahkan Like atau Follow.
Atau Klik "CLOSE" Diatas Jika Anda Sudah Follow

Hati-hati terhadap penipuan yang mengatasnamakan CASNMedia.com
Kami tidak pernah meminta data pribadi, nomor telepon, data rekening bank atau identitas pribadi lainnya Kepada pengunjung CASNMedia.com.
CASNMedia.com juga tidak ada ikatan kerjasama dengan pihak manapun, baik instansi pemerintah, kelompok, maupun perorangan.