Proses Rekrutmen CPNS 2013 Ketat

Latihan Praktek Ujian CAT CPNS : Dengan aplikasi simulasi interaktif Belajar jadi senyaman main Game. Informasi lengkap Baca Disini

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN dan RB) Azwar Abubakar memastikan penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) pada tahun ini sangat selektif dan ketat.

Dia mengatakan jatah atau porsi penerimaan CPNS kategori satu (K1) bagi pelamar umum sudah dibatasi dengan rincian pemerintah pusat mendapatkan jatah 25 ribu serta pemerintah daerah sebanyak 40 ribu.

Sedangkan bagi penerimaan CPNS Kategori Dua (K2) bagi honorer, pemerintah pusat dan daerah hanya mendapatkan porsi 600 ribu dimana pemerintah daerah lebih diprioritaskan dan mendapatkan porsi penerimaan CPNS sebanyak 500 ribu.

“Tahun ini, penerimaan CPNS sangat ketat dan selektif karena kami memakai kebijakan sesuai dengan kebutuhan dan menghitungnya berdasarkan kebutuhan masing-masing daerah,” ujar Azwar saat ditemui dalam acara ” Seminar Nasional Dalam Rangka HUT Lembaga Administrasi Negara (LAN), di Gedung LAN, Jakarta, Kamis (29/8).

Azwar juga memastikan bahwa formula yang dipakai pada penerimaan CPNS tahun ini sudah lebih baik daripada tahun tahun sebelumnya karena formula yang dipakai adalah formula pengawasan yang super ketat dimana setiap calon PNS mendapatkan 5 jenis soal yang berbeda beda sehingga tidak bisa kerjasama saat dilakukan tes CPNS.

“Jumlah soal yang sudah dicetak 20 ribu dan telah disebarkan di seluruh Indonesia, ada 5 jenis soal yang berbeda beda jadi tidak bisa kerjasama,” ungkapnya.

Dia mengatakan pemerintah juga menjamin bahwa soal tersebut tidak akan bocor karena Kementerian PAN dan RB sudah berkoordinasi dengan pemerintah daerah untuk melindungi paket soal. Menurutnya jika paket soal sudah tiba di masing masing daerah maka paket soal tersebut hanya boleh dibuka pada saat tes berlangsung.

Dia menjelaskan pada penerimaan CPNS tahun ini, pemerintah tidak sembarangan melakukan recruitment karena sistemnya semakin diperketat dimana metode yang dipakai adalah melakukan rekrutmen berdasarkan tingkat jabatan, dan lokasi penempatan harus benar benar jelas.

Azwar menambahkan pada penerimaan CPNS tahun ini pemerintah menjamin tidak ada calo. Menurutnya jika dalam penerimaan tahun ini terdapat banyak calo, maka calo tersebut akan diproses dan ditangkap. Menurut dia dengan sistem penerimaan CPNS yang super ketat pada tahun ini, maka kesempatan bagi putra putri terbaik bangsa untuk berkarir menjadi PNS akan semakin terbuka lebar.

Latihan Praktek Ujian CAT CPNS : Dengan aplikasi simulasi interaktif Belajar jadi senyaman main Game. Informasi lengkap Baca Disini

Leave a Comment