Tahapan Proses Pendaftaran CPNS 2013 Hingga Tes Akhir | Info CPNS 2017

Tahapan Proses Pendaftaran CPNS 2013 Hingga Tes Akhir

Hati-Hati..!! Penipuan CPNS Marak Terjadi, Hindari aksi penipuan dengan modus bisa meluluskan CPNS dengan jalan pintas. Tidak ada jalan lain lulus CPNS tanpa melalui proses seleksi CPNS dengan CAT.

Sebagai gambaran, Seperti Inilah Ujian CAT CPNS Yang Harus Kamu Kerjakan nanti jika ada pembukaan CPNS, Coba Disini

Pendaftaran CPNS 2013 – Seluruh instansi baik pusat maupun daerah diizinkan mulai membuka pendaftaran CPNS 2013. Lowongan sudah bisa dibuka masing-masing instansi mulai dari sekarang. Hanya saja untuk tes kompetensi dasar (TKD) dan formasinya tetap menunggu putusan MenPAN-RB.

Pelaksanaan tes CPNS 2013 sendiri rencana akan dilaksanakan pada bulan September nanti. Dimulainya pendaftaran CPNS sejak bulan Juli ini untuk memberikan ruang lebih bagi para pelamar dan instansi pun punya kesempatan mendapatkan calon pegawai yang sesuai kebutuhan.

Pendaftaran CPNS 2013 akan dilakukan secara online pada situs penerimaan CPNS yang dibuat khusus oleh masing-masing instansi. Bagi sebagian daerah nantinya tes CPNS 2013 juga dilakukan secara online dengan sistem computer assisted test (CAT).

Proses pendaftaran CPNS 2013 ini bagi sebagian teman-teman mungkin membingungkan karena banyak perubahan yang terjadi tidak seperti proses penerimaan CPNS tahun-tahun yang lalu.

Berikut ini adalah proses tahapan pendaftaran CPNS 2013 hingga pelaksanaan ujian dan syarat pengangkatan jadi CPNS:

Pendaftaran Online

1. Langkah pertama adalah Pendaftaran yang dilakukan secara online pada situs resmi yang dibuat khusus. Sebagai contoh bagi yang berminat menjadi CPNS Kementerian Keuangan, dipersilahkan melakukan pendaftaran online dengan klik website http://rekrutmen.depkeu.go.id. Pendaftaran online CPNS ini ditentukan sampai dengan batas waktu pendaftaran yang telah ditentukan.

2. Setiap pelamar yang memenuhi persyaratan tertentu akan mendapatkan satu nomor registrasi pendaftaran yang memuat informasi nama lengkap, tanggal lahir dan jenis kelamin, sehingga diharapkan tidak terjadi duplikasi pendaftaran pelamar.

3. Setelah pendaftaran online, maka pelamar berhak mengikuti seleksi administrasi dengan cara mengirimkan berkas administrasi yang ditentukan melalui POS.

Seleksi Administrasi

1. Seleksi Administrasi dilakukan untuk memverifikasi berkas dari pelamar dengan persyaratan administrasi yang ditetapkan, jika memenuhi dan sesuai dengan data yang dimasukkan saat pendaftaran online, maka yang bersangkutan dinyatakan lulus seleksi administrasi dan berhak mengikuti tahapan tes selanjutnya.

2. Setelah Seleksi Administrasi, pelamar yang lolos akan diumumkan melalui pengumuman di website, selanjutnya pelamar tersebut berhak mendapatkan Tanda Peserta Ujian.

3. Selanjutnya adalah Pengambilan Tanda Peserta Ujian (TPU)

Tes Kompetensi Dasar (TKD)

Jika anda sudah memiliki kartu peserta ujian diatas, selanjutnya berhak mengikuti pelaksanaan ujian CPNS tahap pertama yaitu untuk menyelesaikan Tes Kompetensi Dasar (TKD). Untuk Tes Kompetensi Dasar (TKD) ini sebagian instansi pada tahun 2013 ini sudah menerapkan sistem computer assisted test (CAT) yaitu ujian CPNS secara online. Pelaksanaan Tes CPNS 2013 ini rencana akan dilakukan pada bulan September 2013.

Tes Kompetensi Bidang (TKB)

Setelah Tes Kompetensi Dasar, pelamar yang lolos akan diumumkan melalui pengumuman di website, selanjutnya pelamar tersebut berhak mengikuti Tes Kompetensi Bidang (TKB). Jenis Tes Kompetensi Bidang (TKB) ini bermacam-macam tergantung instansi yang anda lamar, seperti dengan tes tertulis, psikotest, wawancara dsb.

Pemberkasan

Jika lulus TKB, sesuai dengan Peraturan Pemerintah Nomor 98 Tahun 2000 tentang Pengadaan Pegawai Negeri Sipil sebagaimana telah diubah dengan Peraturan Pemerintah Nomor 11 Tahun 2002, untuk kepentingan pengangkatan sebagai Calon Pegawai Negeri sipil, masing-masing peserta yang dinyatakan lulus wajib melakukan pemberkasan.

Belajar Cara Kerja Tes CAT CPNS 2017
Sambil menunggu pelaksanaan tes CPNS 2017, Untuk memudahkan belajar praktek tes CAT CPNS dengan metode simulasi seperti ujian CAT sebenarnya, Anda bisa mengikuti Program Latihan Soal CPNS:
  • DIjamin anda mahir mengoperasikan CAT
  • Isi produk: Simulasi Ujian CAT mirip seperti ujian CAT sebenarnya
  • Kumpulan Soal CPNS beserta Jawaban dan pembahasan
  • Penyusunan materi mengacu kisi-kisi resmi pemerintah
  • Dapat digunakan pada komputer, tablet dan smartphone (Android, iPhone, BlackBerry)
  • Bisa akses kapan dan dimana saja (Aplikasi Online)
  • Soal jawab dan pembahasan materi bisa di cetak/download (ebook PDF)
  • Pendaftaran sekali, berlaku seumur hidup dan gratis update selamanya
  • Jelasnya, untuk Demo dan Pendaftaran silahkan Baca Disini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.

Follow Untuk Update Info CPNS!

Silahkan Ikuti CASNMedia Via Facebook:

Hati-hati terhadap penipuan yang mengatasnamakan CASNMedia.com
Kami tidak pernah meminta data pribadi, nomor telepon, data rekening bank atau identitas pribadi lainnya Kepada pengunjung CASNMedia.com.
CASNMedia.com juga tidak ada ikatan kerjasama dengan pihak manapun, baik instansi pemerintah, kelompok, maupun perorangan.