Formasi CPNS 2013 Untuk Penyendang Cacat dan Pemuda Papua

Latihan Praktek Ujian CAT CPNS : Dengan aplikasi simulasi interaktif Belajar jadi senyaman main Game. Informasi lengkap Baca Disini

Ada keunikan pada penerimaan CPNS 2013 nanti dimana diberikan kuota khusus untuk masyarakat penyandang cacat (difabel) dan formasi khusus pemuda Papua berkesempatan mendapatkan kursi CPNS. Kebijakan ini dikeluarkan demi mewujudkan keadilan bagi seluruh masyarakat Indonesia sekaligus untuk memperkuat peran PNS sebagai perekat Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Demikian menurut wakil menteri Kemenpan RB yang CASNMedia kutip dari Aceh Terkini (1/5).

Sebagaimana telah diberitakan sebelumnya total kuota penerimaan CPNS 2013 tersedia sebanyak 60.000 formasi. Dari jumlah tersebut 40.000 diataranya untuk formasi CPNS daerah dan sisanya 20.000 untuk formasi CPNS daerah. Dari jumlah total tersebut kuota yang diberikan untuk masyarakat penyandang cacat (difabel) tersebut sebanyak 300 kursi.

Wakil Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) Eko Prasojo menyebutkan, selain kaum difabel atau penyandang cacat dan pemuda Papua, pemerintah juga akan menyiapkan kursi CPNS khusus kepada sejumlah atlet nasional. Formasi khusus untuk pemuda papua ini diberi jatah sebanyak 100 kursi.

Para penyandang cacat itu misalnya tuna netra, cacat anggota badan, menurut Eko Prasojo, banyak yang memiliki kemampuan tertentu dan bisa bekerja sebagai PNS. Sedangkan bagi para pemuda Papua disiapkan kuota 100 orang untuk ditempatkan  sebagai PNS di kemenetrian/lembaga (K/L). Dengan afirmasi ini mereka diharapkan bisa menjadi perekat NKRI. Adapun atlet berprestasi, disiapkan formasi untuk menjadi pelatih dengan asumsi setiap 4 tahun (sekali penyelenggaraan PON) sekitar 1.000 orang.

Latihan Praktek Ujian CAT CPNS : Dengan aplikasi simulasi interaktif Belajar jadi senyaman main Game. Informasi lengkap Baca Disini

Leave a Comment