Jadwal Tes CPNS 2013 Jalur Umum Dipercepat September

Latihan Praktek Ujian CAT CPNS : Dengan aplikasi simulasi interaktif Belajar jadi senyaman main Game. Informasi lengkap Baca Disini

Jadwal Tes CPNS 2013 – Ini berita terbaru tentang jadwal tes CPNS 2013 jalur pelamar umum. Berbeda dengan pengakuan Wamenpan RB (12/7) yang menyatakan tes CPNS 2013 mulai digelar pada Oktober 2013, menurut Arizal, Asisten deputi Perencanaan SDM Aparatur Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) seperti disampaikan kepada JPNN, Jumat (12/7) jadwal tes CPNS 2013 jalur pelamar umum akan dipercepat menjadi bulan September 2013.

Dipercepatnya jadwal tes CPNS 2013 jalur umum jadi September menurut Arizal karena sudah siapnya fasilitas computer assisted test (CAT) oleh BKN. Untuk diketahui ujian CPNS tahun 2013 ini akan menggunakan sistem baru yaitu computer assisted test (CAT) dimana ujian CPNS akan dilakukan secara online melalui media komputer.

“Tes CPNS dari pelamar umum Insya Allah dilakukan September. Sebelumnya memang Oktober, tapi karena menggunakan CAT dimajukan. Apalagi Badan Kepegawaian Negara sebagai pelaksana sudah menyelesaikan program CAT-nya di seluruh kantor regionalnya” papar Arizal.

Sebelumnya diberitakan tes CPNS jalur honorer K2 akan dilaksanakan bulan September juga. Jadi kemungkinannya ujian CPNS tahun 2013 jalur umum dan jalur honorer K2 akan dilakukan pada bulan yang sama. Namun menurut Arizal meski sebulan dengan tes CPNS dari honorer kategori dua (K2), namun jadwal tes CPNS jalur umum dan honorer K2 tidak akan disamakan. Tes CPNS honorer K2 akan didahulukan kemudian tes CPNS pelamar umum.

Mekanisme Ujian CPNS CAT (Computer Assisted Test)

Mengingat keterbatasan infrastruktur sistem CAT CPNS, pelaksanaan tes CPNS 2013 untuk instansi daerah yang menggunakan CAT akan dilakukan per regional. Sedangkan untuk pusat, dibagi dalam beberapa kelompok kementerian/lembaga.

Untuk tes CAT CPNS instansi pusat, dalam sehari yang bisa ikut tes sistem CAT ada 700 orang. Sedangkan daerah hanya 150 orang per hari. Itu sebabnya, jika instansi pusat A dan B total jumlah pelamarnya 800, bisa dites di hari yang sama. Tapi kalau lebih, harus dites dua hari atau lebih.

Satu komputer CAT CPNS hanya bisa menguji lima orang per harinya. Bila dipaksakan lebih dari itu, sistemnya tidak akan jalan. Hal ini karena komputer CAT CPNS memiliki keterbatasan pada kemampuan sistem dan jumlah. Kondisi ini menyebabkan tes CAT CPNS 2013 akan dilakukan secara bertahap dengan sistem antri antara pelamar CPNS. Sehingga karena tes CAT CPNS dilakukan bertahap, diperkirakan jadwal pelaksanaan tes kompetensi dasar (TKD) akan berlangsung dua bulan. Itupun setiap hari harus ada tes (pusat 700 orang, daerah 150 orang).

Belum tau apa itu Computer Asisted Test (CAT) dan apa bedanya dengan ujian CPNS biasa? Coba baca informasi ujian CAT di link ini.

Latihan Praktek Ujian CAT CPNS : Dengan aplikasi simulasi interaktif Belajar jadi senyaman main Game. Informasi lengkap Baca Disini

Leave a Comment