Kabupaten Lahat Butuh CPNS Tenaga Penyuluh

Latihan Praktek Ujian CAT CPNS : Dengan aplikasi simulasi interaktif Belajar jadi senyaman main Game. Informasi lengkap Baca Disini

Pemerintah Kabupaten Lahat provinsi Sumatera Selatan, saat ini mengalami kekurangan tenaga petugas penyuluh lapangan hal tersebut terjadi karena banyaknya tenaga penyuluh yang pensiun.

Disisi lain, minimnya formasi penerimaan CPNS Lahat bidang penyuluhan baik pertanian, perikanan dan kehutanan.

Kepala Badan Pelaksana Penyuluh Pertanian, Perikanan dan Kehutanan (BP4K) Lahat, H Mucktar Efendi mengatakan, saat ini pihaknya kekurangan tenaga penyuluh. “Ya sejauh ini kita kekurangan tenaga penyuluh. Hal ini berdampak kepada kurang maksimalnya pemberian pembinaan kepada petani. Makanya, kita berharap akan bertambah. Selain pensiun karena memang kurangnya formasi saat penerimaan PNS,”ungkapnya, ditemui Jumat (27/2).

Lebih lanjut ia mengungkapkan jumlah penyuluh lapangan di Kabupaten Lahat saat ini sebanyak 166 orang dengan rincian, penyuluh pertanian sebanyak 41 orang, penyuluh perikanan ada 2 orang, penyuluh kehutanan 12 orang, ditambah dengan tenaga honorer sebanyak 1 orang. Kemudian ada tenaga harian lepas atau tenaga bantu penyuluh pertanian sebanyak 109 orang.

“Dari penyuluh yang ada 55 orang berstatus PNS. Sedangkan sisanya adalah tenaga harian lepas yakni ada 109 orang. Untuk diketahui, tenaga harian lepas ini adalah tenaga kontrak dari kementrian pertanian RI, jadi gaji mereka dibayar dari pemerintah pusat,” bebernya lagi.

Menurutnya, Kabupaten Lahat sangat membutuhkan tenaga penyuluh untuk meningkatkan pengetahuan petani dalam rangka menunjang program ketahanan pangan. Mengenai jumlah kekurangan, menurut dia, jika mengacu pada jumlah desa yang ada di Kabupaten Lahat, sebanyak 350 desa, maka kekurangan tenaga penyuluh mencapai ratusan orang.

“Idealnya setiap desa ada satu petugas penyuluh lapangan, dan yang ada saat ini baru 166 orang, berarti masih kurang,” katanya.

Untuk memaksimalkan penyuluhan sendiri terpaksa seorang petugas menangani lima sampai enam desa. Sistem ini kurang efektif untuk meningkatkan pengetahuan di bidang pertanian pada petani. Pemerintah Kabupaten Lahat akan mengusulkan kekurangan tenaga penyuluh ini kepada pemerintah provinsi dan pemerintah pusat agar menambah jumlah tenaga tersebut melalui pembukaan CPNS. (CR22/Tribun Palembang).

Latihan Praktek Ujian CAT CPNS : Dengan aplikasi simulasi interaktif Belajar jadi senyaman main Game. Informasi lengkap Baca Disini

Leave a Comment