Kartu Pencari Kerja (Kartu Kuning), Syarat dan Cara Mengurus

Latihan Praktek Ujian CAT CPNS : Dengan aplikasi simulasi interaktif Belajar jadi senyaman main Game. Informasi lengkap Baca Disini

Kartu Kuning yang memiliki sebutan resmi sebagai Kartu Tanda Pencari Kerja atau Kartu AK-1 adalah sebagai bukti diri seorang pelamar pekerjaan dalam melakukan pelamaran kerja pada suatu instansi atau perusahaan. Termasuk dalam pelamaran lowongan CPNS kartu kuning menjadi satu syarat pendaftaran CPNS sesuai Keputusan Kepala Badan Kepegawaian Negara Nomor 11 Tahun 2002.

Terkait rencana pembukaan lowongan CPNS 2013 yang akan segera dibuka tahun ini berefek pada meningkatnya pengurusan Kartu Tanda Pencari Kerja atau Kartu AK-1 (kartu kuning) walau belum ada pengumuman pembukaan pendaftaran CPNS.

Seperti yang terjadi di kabupaten Bogor provinsi Jawa Barat, sejak sepekan terakhir ini Kantor Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Dinsosnakertrans) Kabupaten Bogor dibanjiri pemohon pembuatan kartu pencari kerja (AK-1). Melonjaknya pemohon AK-1 untuk kepentingan melamar menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS).

“Selama Mei kemarin, rata-rata pemohon AK-1 hanya 40-an pemohon, tapi sejak awal Juni ini meningkat lebih dari 100 persen menjadi 120-an pemohon setiap harinya”, ungkap Kepala Dinsosnakertrans Kabupaten Bogor Nurhadi dilansir dari Pos Kota Selasa (11/6). Ratusan pemohon ini mengantre di Kantor Dinsosnakertrans sejak pk. 08:30 dan kebanyakan lulusan SMA dan sederajat kemudian disusul D-3 dan S-1.

Hal ini menunjukkan bahwa minat masyarakat terhadap pekerjaan PNS masih sangat tinggi pada penerimaan CPNS 2013 ini, bisa dipastikan persaingan memperebutkan kursi CPNS akan semakin sulit juga. Tahun ini kuota yang diberikan untuk penerimaan CPNS jalur umum hanya 60.000 orang, sementara berapa jumlah pelamar belum bisa diperhitungkan.

Persyaratan dan Cara Mengurus Kartu Tanda Pencari Kerja/Kartu Kuning (AK-1)

Cara pembuatan dan persyaratan yang diwajibkan dalam pembuatan Kartu Tanda Pencari Kerja (Kartu Kuning) hampir sama di seluruh Indonesia. Untuk mengurus kartu kuning ini pemohon diharuskan datang langsung ke Dinas Tenaga Kerja setempat. Adapun beberapa persyaratan administrasi untuk pembuatan Kartu Tanda Pencari Kerja (AK-1) persyaratan umumnya antara lain:

  1. Isi form identitas pencari kerja (disediakan oleh Disnaker).
  2. Foto berwarna 3×4 2 lembar.
  3. Foto kopi KTP sesuai domisili
  4. Foto kopi Ijazah pendidikan terakhir dan Transkrip nilai.
  5. Foto kopi Sertifikat keterampilan (jika ada).
  6. Foto kopi Surat keterangan pengalaman kerja (jika ada).
  7. Semua berkas dimasukkan dalam stopmap.
  8. Persyaratan lain mungkin ada tambahan dan perbedaan antar daerah, silahkan datang langsung ke kantor Disnaker setempat.

Latihan Praktek Ujian CAT CPNS : Dengan aplikasi simulasi interaktif Belajar jadi senyaman main Game. Informasi lengkap Baca Disini

1 thought on “Kartu Pencari Kerja (Kartu Kuning), Syarat dan Cara Mengurus”

  1. Assalamualaikum..saya mau tanya, bagaimana jika pengurusan kartu kuning tidak dilakukan di domisili asal, melainkan langsung ke kantor pusat yang di Jakarta..
    Dikarenakan saya sedang kuliah di Jakarta sedangkan domisili saya di Bangka Belitung..
    Mohon jawabannya..Trims

Leave a Comment