Master Soal CPNS 2013 Rampung, Tes LJK 3 November

Latihan Praktek Ujian CAT CPNS : Dengan aplikasi simulasi interaktif Belajar jadi senyaman main Game. Informasi lengkap Baca Disini

Persiapan penyelenggaraan tes CPNS baru 2013 terus dikebut. Kemarin sepuluh konsorsium perguruan tinggi negeri (PTN) menyerahkan master soal tes CPNS kepada Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menteri PAN-RB) Azwar Abubakar.

Penyerahan master soal ini juga diikuti oleh Lembaga Sandi Negara (Lemsaneg), Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), Pusat Penilaian Pendidikan (Puspendik), Badan Kepegawaian Negara (BKN), Badan Intelejen Negara (BIN), dan Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT). Seluruh tim dari masing-masing lembaga itu masuk dalam panitia seleksi nasional (panselnas) tes CPNS baru 2013.

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Azwar Abubakar menerima master soal Tes Kompetensi Dasar (TKD) dan Tes Kompetensi Bidang (TKB) untuk Ujian CPNS (Calon Pegawai Negeri Nasional) tahun 2013, yang disusun oleh Konsorsium 10 Perguruan Tinggi Negeri (PTN).

Penyerahan master soal yang dilakukan di Kementerian PANRB, Senin (19/8/2013), dihadiri tim Panselnas Pengadaan CPNS antara lain dari Lemsaneg, Kemendikbud, Puspendik, BKN, BPPT, BIN, dan konsorsium PTN. Master soal tersebut kemudian diserahkan kepada Tim dari Puspendik untuk diverifikasi dan divalidasi keakuratan dan kelayanakannya.

Menteri PANRB selaku ketua tim pengarah Panselnas pengadaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS), mengapresiasi tim konsorsium karena telah membantu Tim Panselnas dalam menyusun soal tes CPNS tahun 2013.

Azwar mememinta seluruh tim kerja Panselnas tahun 2013 agar segera menyiapkan perangkat pelaksanaan dan pedoman, sesuai tugas dan fungsi masing-masing serta melaporkan progress setiap tahapannya dengan memperhatikan jadwal yang sudah direncanakan. “Saya berharap penerimaan CPNS dapat menjadi pondasi pembentukan PNS profesional dan birokrasi Indonesia yang modern menuju birokrasi kelas dunia,” tuturnya.

Deputi Bidang Sumber Daya Manusia (SDM) Aparatur Kemen PAN-RB, Setiawan Wangsaatmaja, mengatakan tes CPNS tahun ini dibagi dalam dua metode. Pertama dalah ujian dengan sistem Computer Assisted Test (CAT). Tes ini dilaksanakan mulai 29 September nanti. Saat ini sudah ada 19 Kementerian dan Lembaga yang mendaftar untuk difasilitasi pelaksanaan tes CPNS dengan sistem CAT. Namun Kemen PAN-RB sedang memvalidasinya.

Tes model berikutnya adalah dengan sistem lembar jawaban komputer (LJK) seperti pada umumnya. Tes CPNS model LJK ini dijalankan untuk pelamar umum maupun honorer kategori II. Tes CPNS model LJK ini dijadwalkan berjalan serentak pada 3 November 2013.

Sekretaris Menteri PAN-RB Tasdik Kinanto menyerukan supaya calon pelamar CPNS tidak terpancing iming-iming calo. “Jangan terkecoh setiap ada iming-iming orang bisa meluluskan menjadi CPNS. Itu tidak benar,” tuturnya. Dia berharap masyarakat melaporkan ke Kemen PAN-RB jika menemukan ada indikasi calo CPNS. Dia menyebut tes CPNS tahun ini dilakukan secara terbuka dan transparan. Sehingga potensi permainan calo tertutup rapat. Kandidat yang memenuhi standar kompetensi, otomatis diterima menjadi abdi negara

Latihan Praktek Ujian CAT CPNS : Dengan aplikasi simulasi interaktif Belajar jadi senyaman main Game. Informasi lengkap Baca Disini

Leave a Comment