Pendaftaran CPNS Sumbar 2013 Hanya Terima 8 Ribu Pelamar

Latihan Praktek Ujian CAT CPNS : Dengan aplikasi simulasi interaktif Belajar jadi senyaman main Game. Informasi lengkap Baca Disini

Pendaftaran CPNS – Sumbar – Kabar gembira bagi yang berminat menjadi abdi negara di Sumbar. Besok (12/9), Pemprov Sumbar bersama lima daerah lain­nya mengumumkan for­ma­si calon pegawai negeri sipil (CPNS) 2013 di media massa. Bagi yang berminat, segera men­daftarkan diri mengingat jum­lah pendaftar dibatasi ha­nya 8 ribu orang. Pendaftaran berlangsung tanggal 14-26 September mendatang.

Kepala Badan Kepegawaian Daerah ( BKD) Sum­bar, Jayadisman kepada Padang Ekspres di ruang kerjanya, kemarin (10/9), menyebutkan, pembatasan jumlah pelamar itu akibat APBD Sumbar 2013 hanya mengganggarkan untuk 8 ribu pelamar.

“Terlebih lagi, penambahan jumlah peserta harus diikuti juga penambahan tenaga pengawas dan pemeriksaan kelengkapan ber­kas. Itu semua jelas mem­bu­tuhkan biaya,” sebut Jaya­dis­man. Makanya, masya­rakat ber­minat diminta segera men­daf­tarkan diri ke situs www.bkn.co.id dan me­ngirim­kan berkas pendaftaran ke no­mor PO BOX sudah ditetapkan.

BKD Sumbar sudah me­nyiap­kan sejumlah PO BOX un­tuk calon pelamar CPNS. Ini un­tuk memudahkan penge­cekan ber­kas calon pelamar. “Tak ha­nya nomor PO BOX yang dibe­da­­kan, map kelengkapan berkas juga dibedakan. Ini untuk mem­per­­mudah kerja tim pemeriksa ber­­kas administrasi saja. Kalau tak dibedakan, tentu akan me­nyu­litkan. Sementara berkas yang akan diperiksa itu 8 ribu ber­kas,” ujarnya.

Walaupun Pemprov mem­batasi jumlah pelamar, namun Ja­­yadisman yakin tidak akan me­­rugikan masyarakat. “Pe­nga­laman sebelumnya, hanya 5 ribu orang mendaftarkan diri. Ja­di kalau sekarang 8 ribu pelamar, berarti ada penambahan kuota 3 ribu orang,” ucapnya.

Pengumuman formasi CPNS Pemprov Sumbar ini di­ikuti lima kabupaten/kota lain­nya. Daerah itu Solok Sela­tan, Pa­saman, Padang­panjang, Sa­wah­lunto dan Dharmasraya. Se­dangkan Kabu­paten Kepu­lauan Mentawai su­dah terlebih dahulu mengu­mum­kan pendaftaran CPNS.

“Dari enam kota dan kabu­paten itu, hanya Dharmasraya belum mendapatkan kepastian pe­netapan rincian formasi CPNS-nya,” ucapnya.

Untuk 2013 ini, Pemprov dan enam kabupaten/kota me­ne­rima CPNS dari pelamar umum dan tenaga honorer. Pem­­prov Sumbar membuka 193 formasi, Ke­pulauan Mentawai 141 for­masi, Solsel 100 formasi, Pa­dang­panjang 50 formasi, Pa­saman 40 formasi, Sa­wahlunto 50 formasi, dan Dharmasraya 50 formasi.

Khusus Pemprov, rincian formasi yang disetujui Kemen PAN-RB adalah tenaga guru 74 orang, tenaga kesehatan 80 orang, dan tenaga teknis 39 orang. Te­naga guru ditempatkan Pem­prov di SMK Pertanian Pemb­a­ngunan, SLB, SMKN 1 Sumbar, dan SMA unggul di Padang­panjang.

“Untuk tes CPNS , Pemprov Sumbar hanya menerapkan tes sa­tu kali, yakni tes kemampuan da­sar (TKD). Sedangkan tes wa­wancara tak dilakukan. Tes CPNS dilakukan dengan meng­gu­nakan sistem computer assisted test (CAT),” ujarnya.

Disinggung bagaimana pe­nga­wasan panitia terhadap ke­mungkinan adanya ijazah pal­su, Jayadisman mengatakan, pa­nitia sudah menyiapkan an­tisipasi, yakni meminta foto­copy ijazah yang telah dilega­lisir langsung oleh bagian akademik universitas.

Jika di kemudian hari, dike­tahui ada pelamar meng­guna­kan ijazah palsu lulus tes CPNS, maka yang bersangkutan akan dicabut hak­nya sebagai PNS. “Itu sank­si­nya, jika para pelamar me­ngakali dengan memberikan keterangan atau identitas tidak benar. Kita minta agar pelamar memberikan keterangan diri sejujur-jujurnya saat proses pendaftaran dila­kukan,” ucap­nya.

Latihan Praktek Ujian CAT CPNS : Dengan aplikasi simulasi interaktif Belajar jadi senyaman main Game. Informasi lengkap Baca Disini

Leave a Comment