Penerimaan CPNS Pacitan 2013 Belum Pasti

Latihan Praktek Ujian CAT CPNS : Dengan aplikasi simulasi interaktif Belajar jadi senyaman main Game. Informasi lengkap Baca Disini

Jumlah dokter di Kabupaten Pacitan, Jawa Timur masih sangat minim. Saat ini, di Pacitan terdapat sebanyak 79 orang dokter. Jumlah tersebut ini tidak sesuai dengan rasio jumlah penduduk.

Kabid Pemberdayaan Sumberdaya Dinas Kesehatan (Dinkes) Pacitan Ari Priyambodi mengatakan, dengan jumlah 500 ribu jiwa, jumlah tenaga dokter yang ada sekarang masih kurang sekitar 121 orang.

“Idealnya seorang dokter melayani 2.500 warga. Dari rasio itu, jumlah ideal dokter paling tidak mencapai 200 orang,” katannya, Minggu (31/03/2013).

Ari mengakui, untuk sementara ini Pemkab Pacitan belum bisa memenuhi jumlah tersebut karena minimnya anggaran daerah untuk merekrut dokter berstatus PNS.

“Kalau dua tahun untuk memenuhi jumlah dokter belum bisa. Apalagi, sudah tiga tahun ini tidak ada rekrutmen CPNS di Pacitan,” ujarnya.

Menurutnya, keterbatasan jumlah dokter itu membuat alokasi penempatan tugas di puskemas belum terpenuhi. Khususnya, puskesmas dengan layanan rawan jalan maupun rawat inap.

Sebab, di fasilitas kesehatan tersebut dibutuhkan dua hingga tiga orang dokter. “Akibatnya, sejumlah dokter harus bertugas rangkap di dua puskesmas,” paparnya.

Menanggapi soal rekrutmen tenaga dokter ini, Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Pacitan Marwan menyampaikan, pihaknya belum bisa menjalankan rekrutmen sebab belum menerima balasan usulan calon abdi negara yang dilayangkan ke Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN dan RB).

“Penambahan dokter maupun CPNS yang lain belum bisa dipastikan berlangsung tahun ini,”

Kata Marwan, belum adanya kepastian penerimaan CPNS Pacitan 2013 itu karena sampai saat ini belum ada petunjuk lebih lanjut dari KemenPAN dan RB terkait dengan rekrutmen CPNS di Pacitan 2013 [Lensa Indonesia]

Latihan Praktek Ujian CAT CPNS : Dengan aplikasi simulasi interaktif Belajar jadi senyaman main Game. Informasi lengkap Baca Disini

Leave a Comment