Tenaga Honorer Sulit Jadi CPNS

Latihan Praktek Ujian CAT CPNS : Dengan aplikasi simulasi interaktif Belajar jadi senyaman main Game. Informasi lengkap Baca Disini

CPNS Honorer – Bukan bermaksud mempersulit peluang tenaga honorer menjadi CPNS, tapi keadaan struktur kepegawaian di Indonesia dan untuk langkah perbaikan birokrasi mengharuskan pemerintah mengambil kebijakan tegas dalam penerimaan CPNS. Indikasinya salah satunya berdampak kepada tenaga honorer yang untuk pengangkatannya semakin diperketat.

Pemerintah memastikan hanya memberikan kesempatan mengikuti seleksi penerimaan pegawai negeri sipil (PNS) bagi pegawai honorer sampai tahun 2005. Dari sekitar 500.000 pegawai honorer di daerah maupun pusat sampai periode itu yang akan diterima hanya sepertiganya.

“Setelah periode itu (2006-2013) harus mengikuti seleksi secara fairness,” kata Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Azwar Abubakar, di Jakarta, Jumat (13/7) malam dikutip dari beritasatu.com.

Kebijakan itu menyusul disetujuinya draf Rancangan Undang-Undang Aparatur Sipil Negara (UU ASN) oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Draf final tersebut akan segera diserahkan ke DPR untuk disahkan.

Dalam UU yang akan mereformasi kepegawaian negara itu rekrutmen dilakukan sesuai kebutuhan secara fair. PNS bukan lagi ditempatkan sebagai pekerjaan tetapi profesi.

Tes seleksi bagi pegawai honorer, menurut Azwar, materinya sama dengan seleksi regular. Yakni meliputi tes kemampuan dasar, psiko test, dan wawasan kebangsaan.

“Model ASN itu mengacu kepada pola rekturmen SDM, kelembagaan, dan tata laksana. Ke depan ASN itu harus bisa melayani lebih baik kepada warga negara maupun pengusaha,” kata dia.

Terkait penerimaan PNS, Azwar mengajak seluruh pejabat pembina kepegawaian (PPK) di pusat maupun daerah agar seleksi calon PNS 2013 ini dilaksanakan dengan bersih, obyektif, transparan, kompetitif dan bebas dari KKN, serta tidak dipungut biaya.

Hal itu dikuatkan dengan surat edaran Menpan yang ditembuskan kepada Presiden RI, Wakil Presiden, dan Ketua Badan Pemeriksa Keuangan (BPK).

Kebijakan diatas mengharuskan tenaga honorer harus bersaing ketat memperebutkan kursi CPNS. Karena dari sekitar 500.000 pegawai honorer di daerah maupun pusat sampai periode itu yang akan diterima hanya sepertiganya.

Latihan Praktek Ujian CAT CPNS : Dengan aplikasi simulasi interaktif Belajar jadi senyaman main Game. Informasi lengkap Baca Disini

Leave a Comment