Wajib Baca: Lulus CPNS Tidak Perlu Pintar Segalanya

Latihan Praktek Ujian CAT CPNS : Dengan aplikasi simulasi interaktif Belajar jadi senyaman main Game. Informasi lengkap Baca Disini

Tips Lulus CPNS – Sempat menjadi asumsi masyarakat luas dan menjadi rahasia umum bahwa dulu, jika anda berduit, tak berotak (baca tidak pintar) pun bisa masuk CPNS, dan parahnya orang yang pintar pun jika tidak berduit susah masuk CPNS. Itu dulu, tapi sekarang dengan adanya terobosan pemerintah pusat hal demikian akan diluruskan.

Sudah terbukti pada penerimaan CPNS 2012 yang lalu menyangkal asumsi negatif diatas dengan banyaknya peserta mengaku tidak menyangka bisa lulus CPNS. Sampai-sampai Wakil Menteri Kemenkumham bapak Denny Indrayana mengapresiasi mereka dengan mengumpulkan cerita-cerita dibalik kelulusan mereka dan menyebarkannya ke media-media nasional.

Jadi saatnya sportif, saat ini jika anda ingin menjadi PNS maka satu-satunya cara lulus CPNS adalah menjadi ORANG PINTAR. Tapi disini celah yang perlu kita pahami. Ukuran ORANG PINTAR dalam penerimaan CPNS adalah bisa menyelesaikan soal-soal ujian CPNS dengan masuk kategori RANKING TERBAIK, cukup ini saja.

Ini artinya TIDAK PERLU PINTAR dalam segala hal. Anda cukup PINTAR MENGERJAKAN SOAL-SOAL CPNS hingga melewati passing grade kelulusan.

Lulus CPNS itu adalah hitung-hitungan bukan untung-untungan. Begini hitung-hitungan sederhananya:

Lulus CPNS = Usaha + Strategi + Peluang

Usaha :

Tingkatan berbeda-beda antar masing masing pelamar, tergantung banyak sedikitnya usaha yang dilakukan. Bisa saja peserta ujian CPNS mencapai ribuan orang, tetapi yang memilki persiapan matang belum tentu banyak. Sebagian besar hanya asal ujian tanpa adanya usaha serius bagaimana agar bisa lulus. Coba tanyakan langsung pada mereka yang pernah gagal CPNS, sejauh mana usaha yang telah dilakukan?

Strategi :

Banyak yang asal ujian, nilai lebih jika anda memahami strategi sederhana ujian CPNS. Karena usaha keras tanpa arah itu juga hanya buang-buang energi yang berujung pada kegagalan.

Peluang :

Dalam hal peluang lulus CPNS, semua peserta ujian CPNS memiliki peluang yang sama untuk lulus yaitu dengan rumus peluang : 1/Jumlah Peserta Ujian x Jumlah Kuota.

Misalnya:
Jumlah kuota CPNS yang akan diterima 20 orang, Jumlah peserta ujian termasuk anda dan pesaing sebanyak 250 orang,  Maka peluang masing-masing peserta untuk lulus adalah:

1/250 x 20 = 0,08

Dari 250 peserta ujian masing-masing memiliki peluang 0,08 untuk lulus. Agar peluang anda lebih besar, maka yang perlu anda tambah adalah Usaha Lebih Keras dibanding Pesaing dan Starategi Lebih Mantap.

Agar anda PINTAR menguasai soal-soal CPNS satu-satunya cara adalah dengan latihan soal-soal CPNS tahun-tahun sebelumnya jauh-jauh hari sebelum ujian CPNS berlangsung. Karena soal-soal CPNS dari tahun-ketahun tidaklah jauh berbeda. Bahan untuk soal CPNS kan terbatas, tidak akan mungkin setiap tahun soal CPNS berbeda.

Soal CPNS biasanya di acak dan merupakan gabungan soal-soal CPNS tahun-tahun sebelumnya dengan perubahan sedikit seperti perubahan kalimat dan angka. Ya, ini perlu kita pahami betul sebelum ujian CPNS, jangan asal ujian.

Terakhir adalah yang tidak kalah penting karena darinya sumber motivasi anda sehingga diberi semangat belajar dan berusaha terus. Apa itu? Adalah doa kepada Pencipta. Yakinlah semua hal berasal dari-Nya, kecil atau besar, termasuk mata anda bisa membaca ini adalah karena-Nya.

Ini maksud saya Lulus CPNS Tidak Perlu Pintar Segalanya. Apa buktinya? Penulis sendiri lulus CPNS dengan cara tersebut, secara pribadi penulis merasa tidak pintar tetapi Alhamdulillah bisa lulus CPNS tahun 2006 yang lalu murni 100%.

Semoga bermanfaat ya, jika ada yang ditanyakan silahkan tinggalkan komentar dibawah. Dengan senang hati saya akan share pengalaman kepada teman-teman 🙂 , Oia, tidak bermaksud UUD (Ujung-Ujungnya Duit), jika merasa terganggu harap abaikan paragraf otomatis dibawah ini ya.

Latihan Praktek Ujian CAT CPNS : Dengan aplikasi simulasi interaktif Belajar jadi senyaman main Game. Informasi lengkap Baca Disini

Leave a Comment